Selasa 01 Desember 2020, 13:36 WIB

Sirkuit Mandalika Masuk ke Kalender Sementara Balap WorldSBK 2021

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Sirkuit Mandalika Masuk ke Kalender Sementara Balap WorldSBK 2021

ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Foto udara gerbang timur Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB.

FEDERASI Sepeda Motor International (FIM) dan Dorna WorldSBK Organization (DWO) telah memastikan Indonesia sebagai bagian dari penyelenggara balap motor Motul FIM World Superbike Championship (WorldSBK) di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggata Barat, pada 14 November 2021 mendatang.

Kepastian itu tertulis dalam kalender sementara Balap WorldSBK 2021 yang diumumkan FIM dan DWO pada hari Senin (30/11), di mana mencantumkan Sirkuit Mandalika, bersama 12 sirkuit lainnya.

Baca juga: Andrew Bogut Putuskan Pensiun

Adapun, Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah WorldSBK 2021 seri ke-11, sebelum balapan berlangsung di Sirkuit Philip Island, Australia yang masih harus menyelesaikan pembahasan kontrak.

Kendati telah dimasukan dalam kalender sementara WorldSBK 202, namun penyelenggaraan di sirkuit Mandalika baru bisa berlangsung jika pembangunan sirkuit yang saat ini masih dalam proses pengerjaan sudah mendapatkan homologasi dari FIM.

Menanggapi hal tersebut, CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Ricky Baheramsjah, mengaku optimis Sirkuit akan diselesaikan tepat waktu.

“Kami optimis sirkuit dan homologasi dapat diselesaikan di pertengahan tahun 2021.” kata Ricky dalam keterangan pers, Selasa, (1/12).

Sementara itu, Chief Strategic & Communication MGPA Happy Harinto menambahkan, selain sebagai pemilik event MotoGP, Dorna juga memiliki event WorldSBK yang saat ini sedang naik daun, sebagai ajang balap motor komersial yang non-pabrikan, berbeda dengan MotoGP yang menggunakan motor khusus oleh pabrikan untuk balap.

"Dorna telah memberikan kontrak penyelenggaraan MotoGP dan WorldSBK kepada MGPA ( Mandalika Grandprix Association ). WorldSBK, yang menggunakan sepeda motor komersial dijamin tidak kalah seru dengan balap MotoGP," tuturnya.

"Hal ini ditunjukan dengan semakin meningkatnya jumlah tim dan pembalap serta jumlah sirkuit yang menyelenggarakan WorldSBK," terangnya.

Dapat diketahui, Sebanyak 12 sirkuit masuk dalam kalender sementara WSBK 2021, namun masih ada satu seri terakhir atau seri ke-13 yang belum diumumkan.

Sirkuit Assen di Belanda akan menjadi tuan rumah seri pembuka WSBK 2021 yang dijadwalkan pada 23-25 April.

Beberapa pekan kemudian, WSBK akan berlanjut ke Sirkuit Estoril di Portugal pada 7-9 Mei. Namun, sirkuit ini masih perlu merampungkan masalah kontrak di musim depan.

Selain itu, Portugal juga akan kembali menjadi tuan rumah pada seri kesembilan di sirkuit Arlgarve Partimao pada 1-3 Oktober.

Italia, Inggris, Prancis, dan Spanyol akan menjadi negara Eropa selanjutnya yang menggelar balapan hingga seri kesembilan.

WSBK selanjutnya akan menyeberang ke Benua Amerika untuk melanjutkan seri kesepuluh di Sirkuit San Juan Argentina. (OL-6)

Baca Juga

Jason Miller/Getty Images/AFP

Knicks Gasak Celtics Dengan Selisih 105-75

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Januari 2021, 05:55 WIB
Julius Randle dan RJ Barrett masing-masing membukukan double-double dalam laga NBA Minggu sore (17/1) waktu setempat ketika tim tamu...
AFP

Greysia/Apriyani Tuntaskan Penantian

👤MI 🕔Senin 18 Januari 2021, 02:35 WIB
TERUS berlatih saat jeda turnamen internasional karena pandemi, membuahkan hasil manis untuk ganda putri...
Antara/Hafidz Mubarak

Juarai Thailand Open, Greysia/Apriyani: Kami Hanya Ingin Menang

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Minggu 17 Januari 2021, 18:09 WIB
Pasangan ganda putri Indonesia itu berhasil mengalahkan pasangan tuan rumah Jongkolphan/Rawinda dengan skor akhir 21-15, 21-12 di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya