Rabu 11 November 2020, 14:35 WIB

Tersangkut Doping Andrea Iannone Diskors 4 Tahun dari MotoGP

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Tersangkut Doping Andrea Iannone Diskors 4 Tahun dari MotoGP

AFP
Pembalap MotoGP Andrea Iannone dilarang ikut balapan motoGP selama empat tahun.

 

PENGADILAN Arbitrase Olahraga (CAS) memvonis pembalap MotoGP Andrea Iannone terlibat doping. CAS memutuskan pembalap MotoGP itu dijatuhi larangan balapan selama empat tahun.

Sebelumnya, pembalap berusia 31 tahun itu diskors pada Maret lalu setelah ditemukan zat anabolik steroid di sample urinenya saat diadakan tes di GP Malaysia, tahun lalu.

Iannone mulanya hanya diskors selama 18 bulan oleh Komisi Disiplin FIM dan hukuman itu berlaku sejak 17 Desember 2019 yang merupakan tanggal hasil tes urine-nya.

Setelah dinyatakan positif menggunakan zat terlarang, Iannone selalu bersikeras dan melakukan banding bahwa ia tidak sengaja mengkonsumsi zat terlarang itu lewat konsumsi daging yang terkontaminasi di Malaysia.

Namun, CAS menolak alasan itu dan menegakkan keputusan Badan Doping Dunia (WADA) yang meminta skorsing selama empat tahun.

"Andrea Iannone tidak mampu membantu memberikan bukti yang meyakinkan apapun untuk mendapatkan bahwa ADRV (Anti-Doping Rule Violation) yang dilakukannya tidaklah disengaja," tulis CAS dalam pernyataanya.

"Oleh karenanya, panel menemukan bahwa ADRV yang dilakukan Andrea Iannone harus dianggap sebagai kesengajaan untuk tujuan-tujan aturan anti-doping. Dan oleh karenanya ada hukuman 4 tahun yang diwajibkan WADA (Badan Doping Dunia)," terangnya.

Mengetahui Keputusan tersebut, pembalap asal Italia itu mengaku kecewa dan merasa bahwa dirinya menerima ketidakadilan dari hasil keputusan itu.

"Hari ini, saya menerima ketidakadilan terburuk yang bisa saya bayangkan," tulis Iannone di Instagram.

"Mereka mencabut jantung saya dari olahraga yang saya cintai. Tidak ada alasan logis untuk tuduhan yang tidak didasarkan fakta itu. Saat ini, saya sangat menderita," terangnya.

Atas keputusan itu, kini Tim Aprilia harus mencari calon pembalap yang dapat menggantikan Iannone pada balapan MotoGP musim 2021, sejunlah nama pembalap seperti Andrea Dovizioso, Cal Crutchlow,  hingga Bradley Smith digadang-gadang akan menduduki kursi kosong Aprilia tersebut. (Crash/AFP/OL-13)

Baca Juga: Marc Marquez Dipastikan Absen Hingga Akhir Musim MotoGP 2020

Baca Juga

MI/HO

PB Djarum Kembali Gelar Audisi Umum Setelah Absen Dua Tahun

👤Akmal Fauzi 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 23:26 WIB
Audisi PB Djarum tahun ini dikhususkan untuk mencari atlet bulu tangkis pada kelompok usia U-11 dan...
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Menpora Lantik 193 Atlet Jadi PNS

👤Akmal Fauzi 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 20:56 WIB
Beberapa atlet yang diangkat menjadi PNS di Kemenpora yakni atlet angkat besi Eko Yuli dan atlet parapowerlifting Ni Nengah...
dok.PB Djarum

PB Djarum Kembali Gelar Audisi Umum Setelah Absen Dua Tahun

👤Akmal Fauzi 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 20:40 WIB
PB Djarum kembali menggelar ajang pencarian bakat pebulutangkis Indonesia setelah sempat absen dua tahun akibat pandemi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya