Kamis 28 November 2019, 08:30 WIB

Harus Berangkatkan Ofisial dengan Biaya Mandiri, PBMI Kecewa

Despian Nurhidayat | Olahraga
Harus Berangkatkan Ofisial dengan Biaya Mandiri, PBMI Kecewa

ANTARA/Dewi Fajriani
Ilustrasi Muay Thai

KETUA Umum PBMI (Pengurus Besar Muaythai Indonesia) Sudirman mengaku kecewa dengan sistem manajemen tim monev Komite Olimpiade Indonesia (NOC). Hal itu terkait keberangkatan atlet dan ofisial yang akan berjuang di ajang SEA Games 2019.

Sudirman mengatakan sebanyak enam ofisial PBMI diputuskan melakukan pembiayaan secara mandiri untuk keberangkatan. Menurutnya, tidak ada alasan yang konkret atas keputusan itu.

Awalnya, NOC ingin memangkas sembilan atlet PBMI menjadi lima. Dan Sudirman tentu tidak ingin pemangkasan itu terjadi. Pasalnya, empat atlet yang akan dihilangkan mempunyai potensi meraih medali emas di Filipina.

"Sedari awal, kami akan memberangkatkan sembilan atlet untuk ikut SEA Games. Tidak pernah ada penambahan, tapi NOC menganggap jumlah tersebut tidak sesuai dengan perhitungan mereka," ungkapnya kepada Media Indonesia, Kamis (28/11).

Baca juga: Tanpa Target Tinggi demi Regenerasi

Karena PBMI tetap bersikeras memberangkatkan sembilan atlet mereka, otomatis hal itu berimbas pada ofisial.

"Jadi, kami harus memberangkatkan ofisial secara mandiri. Ini sama saja seperti memisahkan atlet dengan pelatihnya. Tapi kami tidak punya pilihan lain," lanjut Sudirman.

Lagi pula, Sudirman menganggap ini bukan pengalaman pertama bagi PBMI harus mengeluarkan dana secara mandiri.

Hal yang sama terjadi saat pelatnas. PBMI harus menggelontorkan dana secara mandiri sejak Februari sementara pemerintah baru mengucurkan dana pelatnas pada Juni.

Memang PBMI baru berusia tujuh tahun dan masih terbilang baru di Indonesia. Namun, bukan berarti para atlet mereka tidak memiliki kesempatan meraih medali emas di ajang dua tahunan terbesar itu.

"Mau bagaimana pun, kami tetap siap memberangkatkan ofisial secara mandiri. Saya hanya kecewa dengan keputusan seperti ini. Tanpa adanya kunjungan ke pelatnas kami, bagaimana mereka bisa melihat kesiapan kami," pungkasnya.

PBMI sendiri akan memberangkatkan kontingen mereka pada 1 Desember mendatang. Jadwal pertandingan yang akan berlangsung sendiri mulai dari 3-8 Desember 2019. (OL-2)

Baca Juga

AFP/Mario RENZI / FIA

Hamilton Desak Formula 1 Peduli HAM

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 27 November 2020, 11:42 WIB
"Saya rasa, tahun ini, memperlihatkan bahwa bukan hanya kita, namun olahraga secara keseluruhan, bisa menggunakan pengaruhnya untuk...
AFP/Mark Sutton / FIA

Bos Haas Puji Performa Tim pada Musim ini

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 27 November 2020, 08:13 WIB
Ketika ditanya mengenai performa tim Haas pada musim ini, Steiner menjawab, "Kami bisa bertahan. Itu berarti kami melakukan hal yang...
AFP/Josep Lago

Ingin Tetap di Red Bull, Albon Fokus 3 Balapan terakhir

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 November 2020, 03:20 WIB
Red Bull belum mengumumkan siapa yang bakal menjadi tandem Max Verstappen untuk musim...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya