Sabtu 18 April 2015, 00:00 WIB

Sean Gelael Bersiap Lakoni Debut di Formula Renault 3,5

Administrator | Olahraga
Sean Gelael Bersiap Lakoni Debut di Formula Renault 3,5

MI/RAMDANI

 
Pembalap Indonesia Sean Gelael akan memulai balapan di ajang Formula Re­nault 3,5 musim ini pada 25-26 April mendatang di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol.

Setelah dua tahun berlaga di Kejuaraan FIA Formula 3 Eropa, Sean bersama Tim Jagonya Ayam with Carlin akan naik tingkat ke kejuaraan yang lebih bergengsi, sehingga Sean harus beradaptasi dalam menghadapi hal-hal baru, beberapa di antaranya sangat mirip dengan Formula 1. Misalnya tenaga kendaraan yang lebih menyerupai Formula 1, juga tingkat persaingan yang lebih ketat serta adanya aturan pembalap masuk pit stop di race kedua.

Hal itu membuat tim harus meman­faatkan aturan pit stop dalam mene­rapkan strategi balap yang akan dija­lankan. Karena itu, tim Jagonya Ayam berlatih meminimalkan waktu pit stop.

Tim selalu menganalisis latihan pit stop yang dilakukan tujuh kru untuk memperoleh hasil semaksimal mungkin bagi Sean dan rekan satu timnya, Tom Dillmann, dengan target 3 detik untuk suatu perhentian yang baik.

“Dalam setiap latihan, kami mempergunakan kamera GoPro. Dari data yang ada, kami melakukan analisis keseluruhan stop yang dilakukan sehingga mengetahui hal-hal yang perlu diperbaiki,” ujar tim manajer Ricky Taylor, dalam pernyataannya, kemarin.

Menurut Ricky, proses penggantian ban di pit stop hampir sama dengan yang terjadi di ajang Formula 1. Bahkan, menurutnya, walau aturan yang ada mengharuskan penggantian dua ban, bukan tidak mungkin penggantian empat ban juga harus dilakukan dalam satu pit stop.

“Misalnya, karena ban sudah sangat tipis atau karena faktor cuaca. Pa­da saat ini terjadi, satu orang akan mengerjakan satu ban,” tambahnya.

Latihan untuk makin meningkatkan kemampuan kru saat pit stop akan dila­kukan setiap Sean melakukan pit stop saat latihan bebas menjelang lomba. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi saat balapan. (RO/Wdo/R-3)

Baca Juga

AFP/Elsa/Getty Images

Spanyol Berkuasa di Puncak Tenis Putra Dunia

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 13:37 WIB
Petenis Carlos Alcaraz berada di peringkat satu dunia dan Rafael Nadal menduduki peringkat...
 Dok: NPC Indonesia

Paratenis Meja Indonesia Raih 3 Medali Emas di Yunani

👤Widjajadi 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 13:11 WIB
KONTINGEN paratenis meja Indonesia tampil gemilang merebut 3 medali emas pada pro tour Yunani bertajuk ITTF Fa20 Argostoli Para Open...
AFP

Iga Swiatek Masih Kukuh di Puncak Peringkat WTA

👤Ant 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:37 WIB
Swiatek merebut gelar juara French Open tahun ini dan masih berselisih hampir dua kali lipat poin dari petenis Tunisia Ons...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya