Selasa 30 Juli 2019, 19:12 WIB

Pecatur Junior Indonesia Timba Pengalaman di Thailand

Cahya Mulyana | Olahraga
Pecatur Junior Indonesia Timba Pengalaman di Thailand

Antara/Ari Bowo Sucipto
Ilustrasi npertandingan catur

 

SEBANYAK 11 pecatur junior Indonesia akan bertanding di ajang 4th Eastern Asia Youth Chess Championship di Bangkok, Thailand 1-10 Agustus mendatang.

Mereka akan bertanding dalam format turnamen 9 babak melawan pecatur dari negara Asia lainnya. Pecatur Indonesia diharapkan menimba pengalaman agar menjadi pecatur masa depan andalan Indonesia.

"Semoga mereka bisa mengharumkan nama bangsa," kata Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) 7utut Adiyanto saat melepas 11 atlet junior untuk berlaga pada ajang tersebut, di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta, Selasa (30/7).

Menurut dia, seluruh atlet yang berangkat ke Thailand memiliki usia 8- 17 tahun dan akan menghadapi sembilan tahapan melawan tim dari negara-negara peserta turnamen ini. Ia pun berharap kesemuanya bisa berjuang keras dalam ajang bertaraf dunia tersebut untuk meraih gelar juara.

Baca juga : Menpora Buka Turnamen Catur Cepat Ramadan

Seluruh atlet yang berangkat merupakan hasil dari seleksi melalui kejuaraan tingkat regional dan nasional.

Pecatur yang mewakili Indonesia, ialah Nayaka Budhi Darma (13), Cecilia Natalie (14), Handaru Juan (12), Armenia Zendy (12), Arjuna Satria Pamungkas (10), Daniel Hermawan (16) Nur Aini Rasyid (16), Aura Cahyati Alifan (10), Gilbert Elroy Tarigan (16), Syahsyah Syakish Thirof (8) dan Elizabeth Christine (17).

Sebanyak 9 diantaranya difasilitasi PB Percasi dan JAPFA, sementara 2 atlet lainnya berangkat mandiri.

Kategori yang akan diikuti meliputi catur kilat, standar dan cepat. Utut optimistis pecatur Indonesia bisa mengukir sejarah di Thailand meskipun nanti berhadapan dengan dua negara kuat di olahraga catur, yaitu Tiongkok dan Mongolia.

"Kita memang berharap dari 11 yang berangkat, bisa pulang membawa medali. Tapi target kami di kejuaraan ini adalah meningkatkan kualitas permainan anak-anak, agar ikut meningkat seiring bertambahnya usia dan menjaga estafet pecatur Indonesia," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

AFP

Jersey Michael Jordan Dilelang, Nilainya Ditaksir Capai Rp74 Miliar

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 16:48 WIB
Jersey merah dengan nomor punggung 23 itu pernah dipakai Michael Jordan saat final NBA 1998, yang juga menjadi kemenangan gelar NBA...
AFP/Mohd RASFAN

Chico akan Berikan yang Terbaik dalam Debut Kejuaraan Dunia

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 16:35 WIB
Chico yang awalnya berada dalam daftar tunggu peserta, mendadak lolos dengan menggantikan Shesar Hiren Rhustavito yang ditarik...
DOK KONI Sulsel

Sulsel Bidik Lima Besar PON 2024

👤Lina Herlina 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 16:26 WIB
KOMITE Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan (Sulsel) manargetkan masuk lima besar pada PON 2024 yang akan berlangsung di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya