Rabu 06 Februari 2019, 22:28 WIB

Pencak Silat Kian Digemari di Eropa

Kautsar Halim | Olahraga
Pencak Silat Kian Digemari di Eropa

ANTARA

 

PENCAK Silat semakin digemari dan diminati oleh masyarakat Eropa. Itu terbukti ketika Nederlandse Pencak Silat Federatie (NPSF) menggelar Open Pencak Silat Tournament di Sportcampus Zuiderpark, Belanda, akhir pekan lalu.
 
Penyelenggaraan kegiatan didukung penuh oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Den Haag dan Rumah Budaya Indonesia. Selain itu, Perguruan Merpati Putih Den Haag juga ikut ambil bagian sebagai panitia pelaksana.
 
Wakil Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, yang bertindak selaku Kuasa Usaha a.i., Fikry Cassidy membuka secara resmi turnamen. Dalam kata sambutannya dia berterimakasih kepada NPSF dan mengutarakan perasaan gembiranya atas terselenggaranya event.

Menurut Fikry, penyelenggaraan turnamen merupakan bagian dari usaha dan kerja keras mempromosikan pencak silat agar bisa dipertandingkan di Olimpiade. Agar itu terwujud, pencak silat harus diakui minimal 70 International Olympic Committee (IOC) di dunia.

Baca juga: Kemenpora dan Kemenlu Dorong Pencak Silat Masuk Olimpiade

“Anda semua yang datang di sini tidak hanya dari Belanda, tapi dari Jerman dan Belgia. Kalian telah memberi harapan besar dan optimisme bagi masa depan Pencak Silat agar diakui di level internasional," papar Fikry.

"Kami membutuhkan sedikitnya dukungan dari 70 negara agar pencak silat bisa dipertandingkan di Olimpiade untuk masa-masa mendatang. Kami juga berharap, nilai-nilai persaudaraan, solidaritas, dan sportivitas akan semakin kuat lewat turnamen ini," tambahnya.
 
Open Pencak Silat Tournament diikuti oleh 90 peserta yang berasal dari 17 perguruan tiga negara di Eropa, yakni Belanda, Jerman dan Belgia. Selain itu, terdapat tiga kategori usia yang dipertandingkan, yakni junior, muda dan senior. (Medcom/OL-7)

Baca Juga

AFP/Ben STANSALL

Joshua Tegaskan akan Tetap Hadapi Usyk

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 25 Januari 2022, 08:00 WIB
Usyk menang mutlak atas Joshua untuk merebut gelar tinju kelas berat dunia versi WBA, IBF, dan WBO di Stadion Tottenham Hotspur, London,...
Twitter @rnfracingteam

Yamaha RNF Luncurkan Livery untuk Musim MotoGP 2022

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 25 Januari 2022, 07:30 WIB
Setelah ditinggal Petronas sebagai sponsor utama, akhir 2021, tim SRT melanjutkan perjalanannya di MotoGP dengan brand baru yaitu RNF...
AFP/JOSE JORDAN

Dovizioso Harus Buktikan Diri Layak Bertarung di MotoGP 2022

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 25 Januari 2022, 07:00 WIB
Andrea Dovizioso akan membalap satu tahun penuh di MotoGP 2022 bersama tim RNF...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya