Selasa 27 Desember 2016, 19:05 WIB

Populasi Anjing di Bali Terbesar di Dunia

Arnoldus Dhae | Nusantara
Populasi Anjing di Bali Terbesar di Dunia

ANTARA/Fikri Yusuf

 

POPULASI anjing di Provinsi Bali disebut sebagai yang terbesar di dunia. Saat ini ada hampir 500 ribu ekor anjing di Bali.

"Kenapa populasi anjing di Bali terbesar dunia, karena kalau dilihat dari jumlah penduduk, luas wilayah, dengan jumlah anjing yang ada saat ini, Bali sudah over populasi anjing," ujar Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Provinsi Bali Gede Wira Sunetra, Selasa (27/12).

Dengan populasi tersebut, Bali menjadi rentan dengan penyakit rabies. Dalam sehari saja, lanjut Gede Wira, rata-rata ada 100 kasus gigitan anjing, sehingga pertahun rata-rata ada 36 ribu kasus gigitan anjing di Bali.

"Sebenarnya anjing itu punya pemilik tetapi 85% sengaja diliarkan, dibiarkan begitu saja, tidak terawat dengan baik, sehingga mudah tertular virus rabies," ujarnya.

Sisanya 5% populasi benar-benar merupakan anjing liar tetapi sudah tertangani dengan baik dengan melakukan eliminasi. Dengan begitu hanya 10% anjing di Bali dari total populasi yang terpelihara dengan baik oleh pemiliknya, dirawat, diberi makan secara teratur dan sebagainya.

Itulah sebabnya, kata Gede Wira, kasus rabies di Bali tidak pernah selesai dan setiap tahun malah semakin meningkat. Upaya eliminasi hingga saat itu masih menimbulkan polemik yang berkepanjangan karena masih ditentang oleh beberapa pihak.

Selain rabies, menurut catatan Diskes Bali, ada tiga penyakit lain yang tidak pernah hilang atau minimal berkurang di Bali. Ketiga penyakit itu ialah demam berdarah, HIV/AIDS dan TBC.

"Saya tidak paham kenapa keempat penyakit itu selalu tinggi di Bali. Kásusnya selalu di atas rata-rata nasional. Padahal sudah ada berbagai program dilakukan tetapi tetap saja tinggi," ujarnya. (X-12)

Baca Juga

MI/Benny Bastiandy

Bukit Trawangan, Destinasi Baru Wisata Di Cianjur

👤Benny Bastiandy 🕔Jumat 03 Februari 2023, 19:57 WIB
DESA Cibadak, Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, bakal memiliki tempat wisata baru. Namanya Bukit...
ANTARA

Jumlah Pengguna QRIS Di NTT Meningkat Pesat

👤Palce Amalo 🕔Jumat 03 Februari 2023, 19:52 WIB
MASYARAKAT Nusa Tenggara Timur (NTT) yang telah mengunakan aplikasi Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) sampai akhir 2022...
DOK MI

BNNK Batang Buru Pemasok Narkotika Kepada Anggota DPRD Dan Mantan Camat Di Pekalongan

👤Akhmad Safuan 🕔Jumat 03 Februari 2023, 19:44 WIB
BADAN Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Batangm Jawa Tengah masih terus mengembangkan penyelidikan untuk mengungkap pemasok narkoba...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya