Kamis 27 Oktober 2016, 20:22 WIB

Workshop Kidi Media Indonesia Tambah Pengetahuan Mahasiswa

Budi Mulia Setiawan | Nusantara
Workshop Kidi Media Indonesia Tambah Pengetahuan Mahasiswa

MI/Susanto

 

ERA informasi digital di Indonesia sudah menjadi tren sekarang ini. Era teknologi yang sudah semakin maju menyebabkan orang berlomba-lomba membuat berbagai konten media digital sebagai sarana pemberi informasi.

Berdasarkan hal tersebut, Media Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar workshop Konten Informasi Digital (KIDI) yang diselenggarakan di Universitas Komputer (Unikom), Jalan Dipati Ukur, Bandung, Kamis (27/10).

Acara yang dibuka oleh Pembantu Rektor I Unikom Prof Dr Umi Narimawati itu juga dihadiri Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Niken Widiastuti.

Dalam sambutannya, Umi mengatakan bahwa workshop kali ini sebagai wadah pembelajaran mahasiswa untuk mengenal lebih jauh era digital.

"Dengan adanya workshop ini menjadikan wahana bagi para mahasiswa untuk bisa lebih berkreasi membuat infografis dan video grafis," ujarnya.

Acara Kidi dengan tema 'Ekonomi Digital' kali ini selain diikuti oleh ratusan mahasiswa juga dihadirkan narasumber berpengalaman di bidang konten media, seperti Septriana Tangkari (Direktur Pemberdayaan Informatika), Budi Setyo Widodo (Redaktur Artistik Media Indonesia), Dannie Faizal Mochamad (News Graphic Producer Metro TV), dan M Rolip Saptamaji (Poligrabs Infographic).

Para peserta, yang seluruhnya para mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Kota Bandung, merasa gembira dengan adanya workshop tersebut. Pengetahuan mereka mengenai konten digital serta bagaimana cara membuat konten digital agar bisa diterima sebagai sumber informasi semakin dipahami.

Hal tersebut terlontar dari pengakuan Puji Sugeng, 20, mahasiswa Universitas Pasundan (Unpas) jurusan Desain Grafis yang ikut dalam agenda workshop. Ia mengaku senang karena pemahamannya terhadap konten digital semakin bertambah.

"Kalau di kampus diajarkan hanya secara garis besarnya saja. Tapi setelah ikut workshop ini, saya jadi paham dan mulai tertarik untuk membuat konten digital," ujarnya.

Acara workshop Kidi di Bandung merupakan rangkaian acara yang digelar Media Indonesia bersama Kemenkominfo untuk terus menyosialisasikan era digital kepada masyarakat sehingga transformasi informasi soal tema kebijakan pemerintah yang selama ini selalu dalam bahasa yang kaku bisa diolah menjadi bahasa yang sederhana dan mudah dipahami masyarakat. (OL-4)

Baca Juga

MUI/Depi Gunawan

Awas, Jalur Wisata Lembang Rawan Longsor

👤Depi Gunawan 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 23:37 WIB
BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat, Jawa Barat mengeluarkan peringatan bahaya cuaca ekstrem di kawasan Lembang,...
MI/Dwi Apriani

Pemkot Palembang Optimistis Capai 100 Persen Vaksinasi Pada Akhir Tahun

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 23:31 WIB
WAKIL Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, Rabu (27/10) meninjau vaksinasi yang digagas Pramuka Palembang berkerja sama dengan Pemkot...
MI/Dwi Apriani

Pemkab Muba Minta Tambahan Kuota Gas Elpiji 3 Kg

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 23:06 WIB
Pemkab Muba telah surati Pertamina dan Dinas ESDM Provinsi Sumatera Selatan untuk memberitakan tambahan kuota gas LPG 3 kg melalui Dinas...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghadang Ganasnya Raksa

Indonesia masih menjadi sasaran empuk perdagangan ilegal merkuri, terutama dari Tiongkok dan Taiwan. Jangan sampai peristiwa Minamata pada 1956 di Jepang terjadi di sini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya