Kamis 27 Oktober 2016, 20:22 WIB

Workshop Kidi Media Indonesia Tambah Pengetahuan Mahasiswa

Budi Mulia Setiawan | Nusantara
Workshop Kidi Media Indonesia Tambah Pengetahuan Mahasiswa

MI/Susanto

 

ERA informasi digital di Indonesia sudah menjadi tren sekarang ini. Era teknologi yang sudah semakin maju menyebabkan orang berlomba-lomba membuat berbagai konten media digital sebagai sarana pemberi informasi.

Berdasarkan hal tersebut, Media Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar workshop Konten Informasi Digital (KIDI) yang diselenggarakan di Universitas Komputer (Unikom), Jalan Dipati Ukur, Bandung, Kamis (27/10).

Acara yang dibuka oleh Pembantu Rektor I Unikom Prof Dr Umi Narimawati itu juga dihadiri Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Niken Widiastuti.

Dalam sambutannya, Umi mengatakan bahwa workshop kali ini sebagai wadah pembelajaran mahasiswa untuk mengenal lebih jauh era digital.

"Dengan adanya workshop ini menjadikan wahana bagi para mahasiswa untuk bisa lebih berkreasi membuat infografis dan video grafis," ujarnya.

Acara Kidi dengan tema 'Ekonomi Digital' kali ini selain diikuti oleh ratusan mahasiswa juga dihadirkan narasumber berpengalaman di bidang konten media, seperti Septriana Tangkari (Direktur Pemberdayaan Informatika), Budi Setyo Widodo (Redaktur Artistik Media Indonesia), Dannie Faizal Mochamad (News Graphic Producer Metro TV), dan M Rolip Saptamaji (Poligrabs Infographic).

Para peserta, yang seluruhnya para mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Kota Bandung, merasa gembira dengan adanya workshop tersebut. Pengetahuan mereka mengenai konten digital serta bagaimana cara membuat konten digital agar bisa diterima sebagai sumber informasi semakin dipahami.

Hal tersebut terlontar dari pengakuan Puji Sugeng, 20, mahasiswa Universitas Pasundan (Unpas) jurusan Desain Grafis yang ikut dalam agenda workshop. Ia mengaku senang karena pemahamannya terhadap konten digital semakin bertambah.

"Kalau di kampus diajarkan hanya secara garis besarnya saja. Tapi setelah ikut workshop ini, saya jadi paham dan mulai tertarik untuk membuat konten digital," ujarnya.

Acara workshop Kidi di Bandung merupakan rangkaian acara yang digelar Media Indonesia bersama Kemenkominfo untuk terus menyosialisasikan era digital kepada masyarakat sehingga transformasi informasi soal tema kebijakan pemerintah yang selama ini selalu dalam bahasa yang kaku bisa diolah menjadi bahasa yang sederhana dan mudah dipahami masyarakat. (OL-4)

Baca Juga

Antara

Capaian Vaksinasi Dosis Pertama di Sidoarjo Kurang dari 50%

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 18 September 2021, 17:01 WIB
Akibat capaian vaksinasi covid-19 yang relatif rendah, wilayah Sidoarjo masuk dalam level 3 berdasarkan asesmen Kementerian Dalam...
dok polres manggarai barat

Kapolres Manggarai Barat Puji Kekompakan Tim Atasi Pandemi

👤RO/Micom 🕔Sabtu 18 September 2021, 16:32 WIB
Rumah sakit di Manggarai Barat nihil pasien...
Ist

Maharani Kemala Foundation Gelar 2.000 Vaksinasi di Bali

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 12:30 WIB
Yayasan Maharani Kemala Foundation ditunjuk Staf Khusus Presiden untuk menyelengarakan 2.000 Vaksinasi untuk masyarakat umum dan penyandang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya