Kamis 20 Oktober 2016, 02:17 WIB

British Council Rangkul Seniman

Administrator | Nusantara
no-image.jpg
 

BRITISH Council, organisasi untuk kebudayaan dan pendidikan asal Inggris, menggelar United Kingdom-Indonesia (UKD/ID) Festival 2016. Pembukaan kegiatan digelar di NuArt Gallery- Sculpture, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (18/10).

Pergelaran yang akan berlangsung hingga 10 Desember, itu juga akan dilaksanakan di Jakarta, Surakarta, Surabaya, Yogyakarta, Padang, Ubud, dan Medan. Festival akan mengedepankan kolaborasi antara 33 organisasi kesenian, pelaku
seni asal Indonesia, dan 26 seniman asal Inggris.

“Program UK/ID direncanakan akan digelar tiga kali, pada 2016-2018. Program ini diluncurkan setelah Presiden Joko Widodo berkunjung ke Inggris, April lalu,” papar Direktur British Council Indonesia, Paul Smith OBE.

Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan hu bungan baru antara seniman, produser, kantor, serta organisasi seni asal Inggris dan Indonesia.

“Kami juga ingin men dorong munculnya talenta kreatif muda yang mampu memanfaatkan teknologi digital secara artistik,” tambahnya.

Paul menjelaskan kegiatan ini juga akan terus dikembangkan sehingga memunculkan beragam kolaborasi antara Inggris dan Indonesia.

“Tahun ini juga ada beberapa seniman dan pelaku industri kreatif asal Indonesia yang diundang berkunjung ke Inggris. Mereka bisa membangun jaringan baru,” ungkap Paul.

Pada kesempatan itu, Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik, mengatakan program UK/ID Festival ini merupakan implementasi nota kesepahaman ekonomi kreatif yang telah ditandatangani oleh Badan Ekonomi Kreatif
Indonesia dan Kementerian Kebudayaan Inggris.

Inggris dan Indonesia memiliki banyak sekali potensi yang bisa dikerjasamakan dan akan saling menguntungkan. Lewat UK/ID Festival 2016, para seniman bisa menunjukkan banyak hal hebat yang dapat tercipta dari kolaborasi Inggris dan Indonesia.

Pada pembukaan festival di Bandung digelar program Gerobak Bioskop. Pengunjung disuguhi pemutaran beberapa fi lm pendek peraih penghargaan yang diputar oleh Serrum Studio.

Di lokasi lain, digelar pertunjukan seni musik dan visual XFRMR (transformer) karya Robbie Thomson yang memanfaatkan
kemampuan bunyi kumparan tesla. Dalam rangkaian festival, James Cousins Company, kelompok tari asal Inggris akan
mementaskan opera Rosalind yang terinspirasi dari As You Like It karya penyair William Shakespeare. Mereka akan tampil di Jakarta pada 25 Oktober dan di Surakarta pada 29 Oktober. (EM/N-2)

Baca Juga

Dok. Hutama Karya

Kolaborasi Hutama Karya-BWA Renovasi Surau di Salah Satu Desa Terpencil di Sumbar 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:28 WIB
Surau ini menjadi satu-satunya tempat sarana ibadah masyarakat dan tempat anak-anak untuk belajar mengaji dan menghafal...
DOK MI

Pemkab Cirebon Gencarkan Percepatan Vaksinasi Covid-19

👤Nurul Hidayah 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:24 WIB
CAPAIAN vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat baru mencapai 34 persen. Untuk menurunkan level PPKM, percepatan vaksinasi...
MI/Djoko Sardjono

Kodim Klaten Salurkan Bantuan BTPKLW

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:16 WIB
KODIM 0723 Klaten, Jawa Tengah, menyalurkan bantuan tunai pedagang kaki lima dan warung (BTPKLW). Penyerahan bantuan berlangsung di Aula...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya