Jumat 07 Oktober 2016, 15:18 WIB

Babel Ingin Lepaskan Dari Bank Sumsel Babel

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Babel Ingin Lepaskan Dari Bank Sumsel Babel

ANTARA

 

GUBERNUR Provinsi Bangka Belitung. Rustam Effendi mengaku sudah selayaknya Provinsi Bangka Belitung mempunyai Bank daerah sendiri tidak bergantung dengan Bank Sumsel Babel.

"Sudah selayaknya Provinsi kita ini memiliki Bank daerah sendiri, makanya kita targetkan tahun 2018 kita target selesai,"kata Rustam Usai Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan terhadap 6 Raperda di Gedung DPRD Provinsi Bangka Belitung.

Alasan kenapa hingga sekarang Babel belum mendirikan Bank. Dijelaskannya lantaran untuk mendirikan Bank daerah dari awal harus mempunyai uang jaminan ke BI sebesar Rp6 triliun. Hal ini tentu saja tidak memungkinkan, uang dari mana.

"Kalau mau buat Bank daerah dari awal kita harus punya uang jaminan ke BI Rp6 triliun, itu tidak mungkin dari mana uangnya,"ucap Rustam.

Sedangkan dengan cara akusisi lanjutnya Babel harus memberikan uang jaminan ke BI sebesar Rp1,5 tiliun ini juga tidak mungkin, nah yang paling memungkinkan kita mengalihkan bank Syariah Babel menjadi Bank umum, sebab jaminanya hanya Rp500 juta hingga Rp600 juta.

"Yang paling memungkinkan kita akan merubah bank kita yang sudah ada yaitu Bank Syariah Babel menjadi Bank umum dengan jaminan Rp500 juta hingga Rp600 juta," tutur Rustam.

Hal ini menurut Rustam akan di bicarakan nanti bersama 7 Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Bangka Belitung."akan kita bicarakan bersama tujuh kabupaten/kota ya mudah-mudahan tahun 2018 kita sudah ada Bank sendiri," yakinnya.

Dia menambahkan penetapan Petinggi Bank Sumsel Babel sebagai tersangka dugaan korupsi oleh Kejati Babel tidak mempengaruh terhadap raperda penyertaan modal sebesar Rp5 miliar ke Bank Sumsel Babel.

"Masalah hukum oleh Kejati itu tidak ada sangkut paautnya terhadap pembahasan Raperda penyertaan modal hari ini ke Bank Sumsel Babel Rp5 miliar," terangnya.

Sampai saat ini di akui Rustam Pemprov Babel sudah menyertai modal di Bank Sumsel Babel sebanyak Rp40 miliar lebih. Tapi kalau di tambah 7 kabupaten/kota penyertaan modal melebihi itu.

"Kalau saya tidak salah kita sudah menyertai modal di Bank Sumsel Babel Rp40 miliar lebih di luar kabupaten/kota di Provinsi Babel," pungkas Rustam.(OL-5)

Baca Juga

MI/Lilik Darmaswan

Cuaca Buruk, Ratusan Nelayan di Aceh Barat tidak Melaut

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 05 Juli 2022, 06:00 WIB
Dampak tingginya gelombang laut juga menyebabkan nelayan tidak berani beraktivitas di laut, karena ketinggian gelombang yang mencapai empat...
MI/HO

Rumah Sakit Siloam Palembang Terbakar

👤Gonti Hadi Wibowo 🕔Selasa 05 Juli 2022, 03:56 WIB
Diduga api berasal dari genset di ruangan lantai dua rumah...
ANTARA/Francisco Carolio

Pemerintah Akan Bangun Tanggul Banjir Rob di Kawasan Belawan

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 04 Juli 2022, 22:58 WIB
PEMPROV Sumatera Utara (Sumut) akan merealisasikan pembangunan tanggul untuk menanggulangi banjir rob yang kerap menggenangi kawasan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya