Kamis 12 Januari 2023, 13:27 WIB

Dinkes Surabaya Antisipasi Adanya Keracunan Chiki Ngebul

Faishol Taselan | Nusantara
Dinkes Surabaya Antisipasi Adanya Keracunan Chiki Ngebul

medcom.id
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kota Surabaya menyiapkan langkah antisipasi bila terjadi keracunan pangan Chiki Ngebul sesuai imbauan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dalam surat edarannya.

"Telah dilakukan pemantauan beberapa titik khususnya di spot-spot keramaian yang memungkinkan dijual jajanan tersebut. Sejauh ini belum ditemukan (kasus keracunan). (Namun) kegiatan pemantauan akan terus dilakukan dan berkolaborasi dengan Puskesmas di masing-masing wilayah," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Nanik Sukristina di Surabaya, Kamis (12/1).

Antisipasi itu menyusul Surat Edaran (SE) Kemenkes RI Nomor SE.01.07/111.5/63/2023 yang diterbitkan pada 3 Januari 2023. Dinas Kesehatan di kabupaten/kota dan rumah sakit diminta melapor, jika ditemukan kasus keracunan pangan akibat konsumsi jajanan Chiki Ngebul di masing-masing wilayahnya.

SE itu merespons kasus keracunan diduga akibat Chiki Ngebul, jajanan berasap yang menggunakan nitrogen cair di beberapa wilayah Jawa Barat, Jakarta, dan Ponorogo Jawa Timur. Menurut Nanik, hingga kini, pihaknya belum terima laporan dari masyarakat maupun fasilitas pelayanan kesehatan (faskes).

Pemantauan masih terus dilakukan dan petugas di lapangan segera melaporkan bila ada kejadian. Nanik memastikan tujuh langkah antisipasi memang sudah disiapkan, sebagai upaya kewaspadaan dini terhadap penggunaan nitrogen produk pangan siap saji itu.

Baca juga: Dinkes Kota Bekasi Investigasi Kasus Cikibul

Pertama yakni sosialiasi penggunaan nitrogen ke produk pangan siap saji ke faskes maupun lintas sektor terkait.

"Kedua, bersama puskesmas masing-masing wilayah berkolaborasi dengan lintas sektor terus akan melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap produk pangan siap saji yang menggunakan nitrogen cair yang beredar di masyarakat," imbuh Nanik.

Ketiga, bekerja sama dengan Dispendik dan Kemenag akan memberikan edukasi kepada sekolah-sekolah, anak-anak dan masyarakat terhadap bahaya nitrogen cair pada pangan siap saji. Termasuk, bekerja sama dengan Dinkopdag, Disbudporapar, Satpol PP untuk memberikan edukasi kepada pelaku usaha dan pihak-pihak terkait terhadap bahaya nitrogen cair pada pangan siap saji.(OL-5)

Baca Juga

MI/Palce/DOK.BMKG

Waspada Gelombang Tinggi hingga 6 Meter pada 1-2 Februari

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 23:11 WIB
Pola angin di sejumlah wilayah Indonesia menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang tinggi hingga enam...
dok.Pemprov Jateng

Ganjar Targetkan Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah Rampung Akhir 2023

👤Haryanto 🕔Selasa 31 Januari 2023, 22:32 WIB
PEMBANGUNAN Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang berada di Kabupaten Magelang, kembali dilanjutkan setelah sempat terhenti selama dua...
Dok PWKI

Sultan HB X Siap Terima Kunjungan Wakil Paus Fransiskus di Yogyakarta

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 22:25 WIB
Kardinal Ayuso yang membidangi Dialog Antar Agama dari Vatikan akan ke Yogyakarta untuk mewakili Paus Fransiskus menerima Gelar Kehormatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya