Sabtu 03 Desember 2022, 18:13 WIB

Bencana Hidrometeorologi Masih Ancam Sumsel

Dwi Apriani | Nusantara
Bencana Hidrometeorologi Masih Ancam Sumsel

DOK MI
Ilustrasi

 

BERBAGAI bencana hidrometeorologi sangat rawan terjadi di Sumatera Selatan (Sumsel). Apalagi Sumsel memiliki kondisi geografis yang sangat beragam ditambah dengan masuknya puncak musim penghujan saat ini.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sumsel mengimbau kepada masyarakat tetap waspada terhadap potensi bencana, mulai dari banjir bandang, tanah longsor, puting beliung, dan sebagainya.

"Sekarang masuk musim penghujan ancamannya bencana hidrometeorologi. Yang paling sering terjadi adalah banjir dan longsor. Inilah yang harus diwaspadai," kata Kepala BPBD Sumsel, Iriansyah.

Menurut Iriansyah, hidrometeorologi ini menyebabkan terjadinya peningkatan curah hujan, sehingga menjadi banjir, tanah longsor, puting beliung dan lain-lain. "Kondisi geografis di Sumsel memang merupakan daerah yang rawan banjir dan bencana hidrometeorologi, seperti longsor hingga puting beliung," katanya.

Selain itu juga, Sumsel terdiri dari dataran rendah dan dataran tinggi yang sangat rawan akan bencana longsor apalagi saat musim penghujan. "Karenanya, kami minta seluruh masyarakat terutama di daerah rawan banjir dan longsor untuk selalu waspada. Yang jelas banjir dan longsor masih mengancam karena saat ini musim penghujan," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya telah menyiagakan peralatan seperti perahu karet dan alat berat dalam menanggulangi bila terjadi bencana banjir dan longsor. Selain itu, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan berbagai pihak mulai BPBD kabupaten dan kota dalam mengantisipasi bencana alam hingga koordinasi dengan TNI, Polri, PU dan lainnya. (OL-15)
 

Baca Juga

MI/Lilik Darmawan

Festival Budaya Puhua untuk Merayakan Keberagaman

👤Lilik Darmawan 🕔Minggu 29 Januari 2023, 12:30 WIB
Halaman sekolah juga disulap menjadi sebuah ruangan yang memerkan berbagai  jenis teh. Ada rancangan instalasi serupa museum yang...
Ist

Perkuat Dukungan di Purwakarta, Relawan Puan Bagikan Ratusan Paket Sembako

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 12:23 WIB
Relawan Puan terus bergerak untuk memperkuat basis dukungan, untuk mendorong Puan Maharani maju sebagai capres pada Pilpres pada 2024...
Dok. Kemenkumham Babel

Ikan Tengkelesak Lenggang Terdaftar di KIK, Pemkab Beltim Puji Pelayanan Kemenkumham Babel

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 11:59 WIB
Legaitas itu tertuang dalam Surat pencatatan inventarisasi KIK, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham Rl nomer...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya