Selasa 15 November 2022, 23:21 WIB

BMKG Imbau Warga Sulut Waspadai Cuaca Ekstrem

mediaindonesia.com | Nusantara
BMKG Imbau Warga Sulut Waspadai Cuaca Ekstrem

ANTARA/Andreas Fitri Atmoko
BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia, termasuk Sulawesi Utara, Selasa (14/11).

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga Sulawesi Utara mewaspadai cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi selama sepekan ini.
 
"Cuaca dalam sepekan untuk Sulut diharapkan masyarakat mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat, petir atau kilat," ujar Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Molle di Manado, Selasa (15/11).
 
Dia mengatakan, kondisi cuaca ekstrem dalam beberapa hari ke depan juga harus diwaspadai warga Kota Manado, Kabupaten Minahasa, dan Kabupaten Minahasa Utara.
 
Di daerah kepulauan seperti Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kepulauan Sitaro dan Kabupaten Talaud, warga diharapkan mewaspadai potensi angin kencang.


Baca juga: Kebakaran di Sukabumi Hanguskan Kios dan Kendaraan

 
Apabila kondisi cuaca ekstrem seperti ini terus berlangsung, potensi bencana hidro meteorologi bisa terjadi dan dapat membahayakan masyarakat bila tidak berhati-hati.
 
"Kondisi hujan lebat bisa menyebabkan terjadinya bahaya banjir dan tanah longsor, sementara pohon tumbang disebabkan oleh angin kencang. Mari kita waspada apabila berasa dalam situasi seperti ini," ajaknya.
 
Kewaspadaan ini, menurut dia, dapat dilakukan warga yang bermukim di daerah rawan longsor seperti di daerah berbukit atau tebing, sementara warga di bantaran sungai mewaspadai bahaya banjir.
 
Dia juga berharap, data cuaca kekinian yang terus diinformasikan BMKG dapat dimanfaatkan masyarakat dan pemangku kepentingan untuk  kewaspadaan dini.
 
BMKG sepanjang hari ini beberapa kali mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang berpeluang terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten dan kota.
 
Potensi ancaman yang harus diwaspadai adalah hujan sedang hingga lebat, kilat atau guntur serta angin kencang. (Ant/OL-16)

Baca Juga

MI/HO

Wamen ATR/BPN Serahkan Sertifikat Tanah SD Muhammadiyah Banjarmasin

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 21:32 WIB
Berdiri pada 1964 dan sempat mengalami kebakaran pada 2015, SD Muhammadiyah 9 Banjarmasin akhirnya mendapatkan sertifikat...
dok.ist

Ini Alasan Warga Desa di Semarang Dukung Ganjar Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 21:17 WIB
RIBUAN warga dari berbagai desa di Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo menjadi...
MI/DJOKO SARDJONO

BPJS Ketenagakerjaan Klaten Menyerahkan Santunan Kematian kepada Ahli Waris Penjaga Kantor Desa Tijayan

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 28 November 2022, 21:15 WIB
Noviana mengajak warga yang sudah bekerja untuk mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya