Kamis 10 November 2022, 13:50 WIB

Cegah Covid-19: Pemprov Sumsel Kembali Terapkan PPKM Level 1

Dwi Apriani | Nusantara
Cegah Covid-19: Pemprov Sumsel Kembali Terapkan PPKM Level 1

dok.Ant
Ilustrasi

 

AKIBAT menyebarnya varian baru Covid-19 XBB di Tanah Air, Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan kembali menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level I. Hal ini juga diterapkan karena memang kasus Covid-19 di wilayah itu meningkat pesat.

PPKM Level 1 ini juga aesuai dengan Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 43 Tahun 2022. "Setiap daerah diwajibkan harus melakukan PPKM sesuai arahan pusat," ujar Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Sumsel, Yusri, kemarin.

Sejauh ini, kata dia, pihaknya belum menerima adanya laporan hasil pemeriksaan laboratorium terkait Covid-19 varian XBB. Namun, karena kasus Covid-19 saat ini sedang mengalami peningkatan, maka seluruh pihak diminta mentaati peraturan.

"Apapun variannya pandemi Covid-19 belum selesai, bahkan ada varian baru sehingga masih tetap perlu mematuhi protokol kesehatan, serta aturan lain dari pemerintah terkait pencegahan dan pengendalian Covid-19," kata dia.

Selain itu, untuk menghindari penyebaran, pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi lanjutan.

"Supaya masyarakat segera mendapatkan vaksin lengkap sesuai waktu dosis yang diterima dengan mendatangi puskesmas setempat, jangan sampai vaksin kosong baru mencari vaksin. Paling tidak kalau sudah datang ke Puskesmas walaupun vaksin habis jadi daftar list layanan berikutnya pada saat vaksin tersedia," terangnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muba Apriyadi mewanti-wanti jajarannya meningkatkan kewaspadaan kemunculan varian baru Covid-19.

"Pemkab Muba harus aktif meminimalisasi  penyebaran varian baru ini. Saya instruksikan kepada seluruh rumah sakit, para kepala puskesmas dan struktur di bawahnya sampai di desa agar melakukan peningkatan pengawasan kekarantinaan kesehatan di pintu masuk maupun di wilayah kerja selain itu mengajak seluruh warga Musi Banyuasin jangan lengah kita tetap waspada dan
mari tetap jalankan protokol kesehatan seperti Biasa Khususnya menggunakan masker dan mencuci tangan dan menjaga jarak," papar Apriyadi.

Penegasan Apriyadi itu berlaku bagi para direktur RSUD Sekayu, Sungai Lilin, Bayung Lencir dan para kepala puskesmas Sekayu Muba. Kepala Dinas Kesehatan Muba, Azmi Dariusmansyah menyiagakan jajarannya untuk melakukan upaya guna meminimalisasi terjadinya transmisi penyakit maupun faktor risiko kesehatan masyarakat lainnya dan wilayah.

Pihaknya juga akan meningkatkan koordinasi dengan rumah sakit, serta laboratorium pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) terkait pengawasan kekarantinaan kesehatan terhadap Covid-19 varian Omicron sub varian XBB.

"Terutama dukungan sumber daya. Kami juga siapkan sumber daya untuk melakukan pemantauan dan pengawasan termasuk tracing, tracking, dan testing jika ditemukan kasus positif. Semua upaya ini kami lakukan tatalaksana sesuai peraturan perundang-undangan. Dan yang penting memaksimalkan komunikasi, informasi dan edukas termasuk komunikasi risiko terkait Covid-19 varian Omicron sub varian XBB bagi masyarakat," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga

Medcom

BMKG Bali Keluarkan Peringatan Potensi Munculnya Cuaca Ekstrem

👤Ruta Suryana 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 20:31 WIB
BMKG Wilayah III Denpasar mengeluarkan peringatan dini untuk potensi hujan yang disertai petir dan angin kencang berdurasi...
MI/Yoseph Pencawan

Yayasan Karya Murni Kampanyekan Inklusi Disabilitas dari Pinggir Jalan

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 20:12 WIB
Ratusan anak penyandang disabilitas SLB Yayasan Karya Murni Medan berkampanye di tepi jalan mengedukasi masyarakat tentang...
DOK MI.

BNPB: Satu Warga Luka Ringan akibat Gempa Garut

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 20:04 WIB
Gempa itu dirasakan cukup kuat selama 4-5 detik di Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya