Kamis 29 September 2022, 22:35 WIB

Gempa Guncang Jayapura, BMKG: Akibat Aktivitas Sesar Aktif

mediaindonesia.com | Nusantara
Gempa Guncang Jayapura, BMKG: Akibat Aktivitas Sesar Aktif

Antara
Ilustrasi seismograf yang mencatat aktivitas gempa bumi.

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa yang mengguncang Jayapura, Papua, pada Kamis (29/9) pukul 18.34 WIB dengan 5,2 SR, merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif.

Hal itu dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter. "Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," jelas Plt Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono. 

Menurutnya, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,36 lintang selatan (LS), 140,03 bujur timur (BT).

Baca juga: Gempa Bumi di Kebumen Jenis Gempa Menengah

Dalam hal ini, tepatnya berlokasi di darat 72 kilometer timur laut Kabupaten Jayapura, Papua, pada kedalaman 18 kilometer. Gempa di Jayapura berdampak dan dirasakan di daerah Sentani dan Genyem, dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu).

Lalu, daerah Jayapura dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," imbuhnya.

Baca juga: BPBD: Tidak Ada Kerusakan akibat Gempa M 6,4 di Meulaboh

Berdasarkan hasil monitoring BMKG terkini, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). "Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," jelas Daryono.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat agar menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. "Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa. Lalu, tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan," tutupnya (Ant/OL-11)

Baca Juga

dok.ist

Tuan Guru di Sumut Berdoa untuk Kebaikan di Pilpres 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 22:05 WIB
TUAN Guru bersama masyarakat semua kalangan melakukan dzikir dan doa bersama untuk kebaikan bangsa dan negara...
MI/HO

Pemuda Katolik Dorong Pemerintah Mahakam Ulu Peduli Ekonomi Kreatif dan Pariwisata

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Jumat 09 Desember 2022, 21:45 WIB
Hiyang menitikberatkan terkait upaya meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Mahakam...
dok.ist

Momen Harkodia, GMC Lampung Dorong Pemuda Tunjukkan Kemandirian Bangsa

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 21:36 WIB
DALAM memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Harkodia) yang jatuh pada 9 Desember 2022, Ganjar Milenial Center (GMC) Provinsi Lampung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya