Senin 20 Juni 2016, 11:39 WIB

PLN Datangkan Tenaga Ahli Jepang Perbaiki PLTU Asam-asam

Denny S | Nusantara
PLN Datangkan Tenaga Ahli Jepang Perbaiki PLTU Asam-asam

M/Denny Susanto

 

PT PLN wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah terpaksa mendatangkan tenaga ahli dari Toshiba Jepang untuk membantu mengatasi kerusakan pada sistem kontrol pembangkit PLTU Asam-asam, Kabupaten Tanah Laut.

Sejak sepekan terakhir, PLN melakukan pemadaman bergilir di sejumlah wilayah Kalsel dan Kalteng, akibat defisit pasokan listrik.

Humas PLN wilayah Kalsel-Kalteng Anang Juhrani, Senin (20/6), mengatakan tim tenaga ahli dari Jepang didatangkan untuk membantu upaya perbaikan kerusakan pada PLTU unit 1 Asam-asam.
"Tim ahli dari Jepang sudah bekerja sejak beberapa hari terakhir, dan terlihat sudah ada banyak kemajuan, sehingga diharapkan kerusakan sistem kontrol pembangkit segera teratasi," tuturnya.

Terakhir, tenaga ahli dari Toshiba Jepang ini telah berhasil mengunduh sistem kontrol PLTU yang merupakan perangkat vital dalam operasional PLTU.

"PLTU unit 1 ini sebenarnya masuk jadwal pemeliharaan (overhaul) tetapi ditunda karena bertepatan bulan Ramadan. Namun tak disangka terjadi kerusakan," tambahnya.

Kondisi ini menyebabkan pasokan listrik untuk wilayah Kalsel-Kalteng mengalami defisit hingga 55 megawatt. Saat ini terjadi pemadaman bergilir aliran listrik di wilayah Kalsel-Kalteng hingga perbaikan selesai.

Diakui Anang Juhrani, persoalan krisis energi listrik ini menjadi perhatian serius PLN, terlebih pemerintah daerah dan masyarakat telah mendesak adanya percepatan untuk mengatasi krisis listrik. Sebelumnya, guna menutupi defisit pasokan listrik PLN Kalsel-Kalteng menyewa pembangkit dari Riau dan Bali dengan kapasitas 50 megawatt.

Saat ini puluhan mesin pembangkit berkapasitas total 50 mw tersebut sudah beroperasi di Sektor Barito, Trisakti Banjarmasin dan Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah. Sayangnya meski sudah ada tambahan pasokan listrik dari Riau dan Bali, kondisi sejumlah pembangkit di dua provinsi ini sebagian bermasalah.

Demikian juga dengan target tambahan pasokan energi listrik PLTU Pulang Pisau berkapasitas 2x60 mw, baru bisa dioperasikan satu pembangkit. Juga PLTG Bangkanai 155 mw di Kalteng hingga kini belum bisa dimasukkan ke dalam sistem kelistrikan Barito, karena terganjal masalah pembebasan lahan pembangunan jaringan dan tower.(OL-4)

Baca Juga

ANTARA/M Agung Rajasa

Pengunjung Indonesia Hijabfest Capai Ribuan Orang per Hari

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 11 April 2021, 17:50 WIB
Indonesia Hijabfest ini merupakan salah satu upaya pemberdayaan 1.000 UMKM melalui merek-merek ternama yang...
MI/BAYU ANGGORO

Ramaikan Industri Kosmetik, Skin Solution Menambah Pabrik Baru

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 11 April 2021, 17:45 WIB
Perkembangan industri kosmetik saat ini mengalami kemajuan yang cukup pesat meski pandemi covid 19 belum...
ANTARA/Iggoy el Fitra

Polres Cimahi Akan Tindak Tegas Penimbun Sembako

👤Depi Gunawan 🕔Minggu 11 April 2021, 17:35 WIB
Polres Cimahi, Jawa Barat mengingatkan pengusaha, pedagang, distributor, dan agen tidak menimbun sembako serta kebutuhan pokok lainnya saat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tata Ulang Desain Olahraga Nasional untuk Capai Prestasi

 Prestasi tidak dicapai dengan proses singkat. Kerap kali butuh waktu bertahun-tahun untuk meraihnya

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya