Kamis 01 September 2022, 17:32 WIB

Presiden Salurkan BLT BBM di Wilayah Papua

Dinda Shabrina | Nusantara
Presiden Salurkan BLT BBM di Wilayah Papua

Antara
Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja di Jayapura, Papua.

 

PRESIDEN Joko Widodo menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM tahap pertama kepada 20,6 juta Kader Pembangunan Manusia (KPM) di seluruh Indonesia.

Adapun simbolis penyerahan bantuan ini dilakukan perdana kepada 100 KPM Kabupaten Jayapura di Kantor Pos Indonesia wilayah Sentani. Dalam kegiatan yang berlangsung pada Rabu (31/8), Kepala Negara turut didampingi Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Menteri BUMN Erick Thohir.

"Hari ini kita telah memulai pembagian BLT BBM, yang diberikan kepada masyarakat selamat empat bulan. Per bulan diberikan 150 ribu (rupiah). Jadi, totalnya Rp600 ribu dan diberikan dua kali," kata Jokowi, sapaan akrabnya.

Baca juga: Harga BBM Nonsubsidi Resmi Turun

Penyaluran BLT BBM dimulai dari wilayah Indonesia timur, yaitu Papua. "Hari ini telah dimulai di kantor Pos Kabupaten Jayapura di Sentani," imbuh dia.

Program penyerahan BLT BBM bertujuan meningkatkan daya beli masyarakat di tengah tekanan ekonomi. "Penyerahan ini dilakukan agar daya beli dan konsumsi masyarakat jadi lebih baik," pungkas Presiden.

Baca juga: BPS: Cabai Pemicu Deflasi Agustus 2022

Salah satu penerima BLT BBM menilai bantuan pemerintah tersebut sangat bermanfaat. "Saya jadi bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ini untuk anak sekolah dan kebutuhan ekonomi dalam rumah tangga," kata Erni Laura Tokoro, warga Kampung Ifar Besar.

Menurutnya, bantuan ini juga menjadi penyemangat bagi dirinya yang baru saja membuka usaha di rumah. Erni membuka usaha isi ulang galon, yang diharapkan dapat menopang ekonomi keluarganya, terutama untuk keperluan sekolah anak.(OL-11)

Baca Juga

AFP/Timur Matahari

Dinkes Sumut Laporkan Kasus Harian Covid-19 Bertambah 16 Orang

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 01:05 WIB
Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Utara melaporkan kasus harian covid-19 di daerah tersebut bertambah sebanyak 16 orang pada...
MI/M Taufan SP Bustan

Melawan Paham dan Aksi Ekstrimisme Melalui Film

👤M Taufan SP Bustan 🕔Senin 26 September 2022, 23:50 WIB
Cerita dalam film ini adalah salah satu fakta yang ada pasca KSB Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Santoso alias Abu Wardah eksis...
Medcom

Korban Terseret Arus di Pantai Batu Tampih Ditemukan Meninggal

👤Ruta Suryana 🕔Senin 26 September 2022, 22:10 WIB
TIM SAR akhirnya menemukan satu korban terseret arus di Pantai Batu Tampih, Tabanan, Bali, Senin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya