Minggu 31 Juli 2022, 13:00 WIB

Desa Ponggok dan Desa Wunut Klaten Raih Predikat Desa JKN

Djoko Sardjono | Nusantara
Desa Ponggok dan Desa Wunut Klaten Raih Predikat Desa JKN

MI/Djoko Sardjono
Penyerahan penghargaan kepada Kabupaten Klaten serta perwakilan Desa Ponggok dan Desa Wunut Klaten

 

BADAN Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) menetapkan Desa Ponggok dan Desa Wunut, Klaten, Jawa Tengah, sebagai Desa JKN (Jaminan Kesehatan Nasional).

Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, dan Desa Wunut, Kecamatan Tulung, berpredikat Desa JKN karena seluruh warga di dua desa itu sudah menjadi peserta Program JKN. Sukses kepesertaan 100% warga Desa Ponggok dan Desa Wunut dalam Program JKN patut diacungi jempol. Pun seluruh warga dua desa itu layak diberikan apresiasi dan penghargaan.

"Dua desa itu meraih predikat Desa JKN, karena 100% penduduknya sudah terlindungi dalam Program JKN," kata Kepala Dinas Kesehatan Klaten Cahyono Widodo, Jumat (29/7).

Hal itu disampaikan seusai acara penyerahan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan kepada Bupati Klaten di Pendopo Pemerintah Kabupaten Klaten.

Predikat Desa Ponggok dan Desa Wunut sebagai Desa JKN, menurut Cahyono, berkat kerja dan upaya serius pemerintah desa untuk meningkatkan kualitas kesehatan warganya.

Baca juga: Dirut BPJS Kesehatan: Prinsip Pelaksanaan Program JKN-KIS Sudah Sesuai Syariah

Penghargaan UHC diserahkan langsung oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti kepada Bupati Sri Mulyani serta perwakilan Desa Ponggok dan Desa Wunut. Berdasarkan data BPJS Kesehatan, sebanyak 1.218.778 dari 1.276.535 (95,48%) penduduk atau warga Kabupaten Klaten telah terdaftar sebagai peserta Program JKN.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sri Mulyani menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam mendukung Program JKN.

Dirut BPJS Kesehatan mengatakan predikat Desa JKN yang diraih Desa Ponggok dan Desa Wunut bisa menjadi contoh bagi desa lain dalam upaya meningkatkan kesehatan warganya.

"Pemerintah desa pun bisa berkontribusi dalam menyukseskan Program JKN, dengan mendaftarkan warga atau penduduknya menjadi peserta BPJS Kesehatan," ungkap Ghufron Mukti.(OL-5)

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Bank Indonesia NTT Lepas Ekspor Perdana Kacang Lurik Organik ke Jerman

👤Palce Amalo 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 09:30 WIB
Ekspor perdana dilepas dari gudang Kantor Cabang PT Profil Mitra Abadi Cabang Kupang di Kelurahan Maulafa, Kota Kupang, yang ditandai...
ANTARA/Fransisco Carolio

Titik Api Bertambah 10 Kali Lipat, Sumut Siaga Karhutla

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 23:25 WIB
Sumut memiliki wilayah yang rentan mengalami karhutla karena memiliki 3,7 juta ha lahan hutan dan 261 ha lahan...
MI/Kristiadi

Komunitas Mak Ganjar Garut Berdoa Memohon Kemajuan Bangsa

👤Adi Kristiadi 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:28 WIB
RATUSAN Ibu-Ibu bergabung ke dalam komunitas relawan Mak Ganjar untuk mengikuti acara Zikir dan Do'a Bersama untuk Kemajuan Bangsa di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya