Rabu 20 Juli 2022, 18:50 WIB

Ganjar Raih Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2021

Haryanto | Nusantara
Ganjar Raih Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2021

MI/Haryanto
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menerima langsung penghargaan Nirwasita Tantra 2021 dari KLHK, Rabu (20/7)

 

PROVINSI Jawa Tengah menerima penghargaan Nirwasita Tantra 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menerima langsung penghargaan tersebut di Gedung KLHK, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Penghargaan Nirwasita Tantra diberikan kepada daerah dan pemimpin daerah dalam memahami isu lingkungan, serta respon kebijakan daerah dan inovasi yang diciptakan dalam menjawab persoalan lingkungan hidup.

Terkait dengan itu, Ganjar mengatakan penghargaan yang diterima sepatutnya dibanggakan. Namun, Ganjar menegaskan, pesan moral dari diterimanya penghargaan itu memicu peningkatan kualitas merawat lingkungan hidup.

"Pesan moral yang paling penting adalah menurut saya bukan berarti kita bangga, bukan berarti kita senang. Justru ini dimana kita harus terus melakukan peningkatan kualitas merawat lingkungan kita," ujar Ganjar, Rabu (20/7/2022).

Kendati demikian, orang nomor satu di Jawa Tengah itu mengharapkan seluruh masyarakat dan jajaran pemerintah daerah tingkat kota dan kabupaten mampu berjejaring. Sehingga seluruh pemangku kebijakan dan masyarakat memiliki sinergitas yang baik.

Terlebih, kini banyak bermunculan orang atau aktivis yang memperhatikan dan peduli terhadap isu lingkungan. Menurut Ganjar, para aktivis ini adalah orang hebat yang memiliki dedikasi tinggi. Keberadaan mereka pun menginspirasi banyak orang untuk ikut menjaga alam.

"Maka kalau kemudian kita membangun jejaring yang banyak sekali untuk digerakkan, itu sebenarnya pesan pentingnya. Menggerakkan adalah sesuatu yang paling penting. Artinya antisipasi muncul, lingkungan sustain terpelihara dengan baik, para pelaku makin banyak," ucap Ganjar.

Oleh karena itu, Ganjar mengapresiasi seluruh pihak, termasuk para aktivis lingkungan yang telah membantu pemerintah dalam merawat lingkungan dengan menciptakan beragam inovasi seperti Kongres Sungai, Susur Sungai dan Bersih Gunung.

Sementara, inovasi yang diciptakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah hingga seluruh Pemkab dan Pemkot untuk mengatasi pencemaran lingkungan antara lain menghadirkan Trans Jateng, Akselerasi Energi Bersih, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap dan lainnya.

Adapun setingkat kota dan kabupaten di Jawa Tengah yang menerima penghargaan kategori Nirwasita Tantra, antara lain Sukoharjo, Boyolali, Magelang dan Banyumas. Selain itu, DPRD Jawa Tengah juga ikut meraih penghargaan yang sama.

Selain Jateng, Pemprov Jabar berada di posisi kedua, kemudian Pemprov Jatim di posisi tiga. Hadir pula Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah dan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman. (OL-13)

Baca Juga: Peringati Sewelasan di Purworejo, Ganjar Pesan Ini ke Para Santri

 

Baca Juga

dok.ist

Pujakesuma Nilai Ganjar Konsisten Rawat Seni Budaya Bangsa

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:45 WIB
ORGANISASI Pujakesuma menilai Ganjar Pranowo selalu memperhatikan nasib para pelaku seni di wilayahnya dan selalu terbuka dalam diskusi...
dok.Ant

Harga Cabai Rawit Di Bangka Masih Bertengger Rp97 Ribu Perkilo

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:57 WIB
HARGA cabai rawit di pulau Bangka Provinsi Bangka Belitung (Babel) masih tergolong tinggi, meski  sudag turun tetap tinggi dibanding...
dok.ist

OMG Jatim Beberkan Alasan Dukung Ganjar Pranowo Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:53 WIB
RIBUAN anak muda  gabungan dari  Kabupaten/ Kota Mojokerto, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Lamongan sepakat ikut serta dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya