Selasa 10 Mei 2016, 06:50 WIB

Putra Bung Tomo Laporkan Perusakan

Administrator | Nusantara
Putra Bung Tomo Laporkan Perusakan

ANTARA/M RISYAL HIDAYAT

 

PUTRA pahlawan nasional Sutomo atau yang dikenal dengan Bung Tomo, Bambang Sulistomo, melaporkan perusakan terhadap rumah Radio Perjuangan Bung Tomo di Jalan Mawar 10 Kota Surabaya.

Sulistomo dan ratusan warga pecinta sejarah didampingi pengacara senior Trimoelja D Soerjadi yang tergabung dalam Forum Arek Suroboyo, Senin (9/5), mendatangi Polrestabes Surabaya.

"Kami menyayangkan penghancuran bangunan oleh pihak swasta dan digunakan sebagai sarana umum," kata Trimoelja yang juga Ketua Forum Arek Suroboyo.

Menurut dia, rumah radio Bung Tomo mempunyai nilai historis yang tinggi sehingga dia heran melihat mudahnya pembongkaran bangunan bersejarah.

"Tentunya kejadian ini perlu dilaporkan yang berwajib, siapa pun yang terlibat harus dilaporkan tanpa pandang bulu," ujar dia.

Sebelum ke Polrestabes Surabaya, mereka beraksi di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya mengecam aksi penghancuran cagar budaya.

Wakasat Reskrim Polrestabes Surabaya Komisaris Manang Soebeti menjelaskan kepolisian sudah mulai menyelidiki kasus perusakan cagar budaya itu sehari setelah pelaporan oleh warga pada Kamis (5/5).

"Tim sudah mengecek tempat kejadian perkara. Kami sudah mengeluarkan surat perintah penyelidikan terhadap kasus tersebut," katanya.

Polisi kata Manang, akan memanggil semua saksi, kontraktor, pihak yang mengeluarkan perintah kerja, dan yang mengeluarkan izin perusakan.

"Kami dalami, apakah sudah sesuai dengan Pemkot Surabaya. Apakah sudah ada izin mendirikan bangunan (IMB), dan sebagainya akan kita dalami," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya Wiwik Widiyati menambahkan, PPNS Disbudpar Kota Surabaya dibantu Polrestabes akan menyelidiki dan menyelamatkan cagar budaya itu.

Menurutnya, PT Jayanata sebagai pemilik lahan mengajukan izin renovasi.

Hanya, ternyata bangunan itu justru dirobohkan. (FL/N-1)

Baca Juga

DOK PEMKAB JAYAPURA

Bupati Jayapura: Anggaran Rp275 M Sedang dalam Proses Pengadaan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 01 Maret 2021, 10:18 WIB
Rp 275 Miliar dari Pempus Digunakan untuk Perbaikan Perumahan dan...
DOK PEMKAB JAYAPURA

Bupati Jayapura Minta HKJM Terdepan Bangun Keberagaman di Jayapura

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 01 Maret 2021, 10:11 WIB
Lebih lanjut Bupati MA mengatakan, kedamaian dan keharmonisan terus kita ciptakan seperti...
MI/Amiruddin Abdullah Reubee

Atasi Kelangkaan, Pertamina Tambah Armada Angkut LPG dari Kalteng

👤Denny Susanto 🕔Senin 01 Maret 2021, 09:32 WIB
Pertamina telah mengambil langkah-langkah strategis guna mengatasi kendala distribusi gas LPG pascabencana banjir yang memicu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya