Kamis 21 Oktober 2021, 17:27 WIB

Pemkab Banyumas Siapkan Areal Perkebunan Kakao

Lilik Darmawan | Nusantara
Pemkab Banyumas Siapkan Areal Perkebunan Kakao

ANTARA/Iggoy el Fitra
Tanaman kakao

 

PEMKAB Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan kawasan di Ajibarang dan Gumelar untuk dijadikan lahan perkebunan kakao. Pertanian kakao tersebut tidak hanya sebagai lokasi penanaman semata, melainkan juga dilengkapi dengan pemrosesan kakao menjadi coklat sehingga dapat  dikembangkan juga menjadi lokasi wisata.

Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono mengatakan bahwa areal yang dikelola PT RSA luasnya sekitar 480 ha. Ia mengakui sempat terjadi persoalan dengan masyarakat, tetapi saat ini telah diselesaikan.

"Pemkab berencana untuk menanami areal tersebut dengan kakao seperti beberapa tahun silam. Saat sekarang sebagian ditanami singkong. Karena itulah, pemkab akan mendekati para pegiat dan petani,�jelasnya pada Kamis (21/10).

Menurut Sadewo untuk mengubah jenis tanaman dari singkong ke kakao membutuhkan pendekatan. "Tidak mudah untuk mengubah mindset dari menanam singkong menjadi kakao. Memang harus ada bimtek dulu. Bisa nanti dikirim ke Puslitbang Perkebunan. Mulai dari budidaya sampai ke packing, bisa diajari. Bahkan, ada mess untuk para petani," jelasnya.

Menurut Wakil Bupati, konsep pengembangkannya tidak hanya menanam kakao. Namun, sampai pada pemrosesan untuk menjadi coklat, sehingga nantinya bisa dikembangkan juga wisata di daerah setempat.

Sementara Kepala Bidang Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian  (KSPHP) Puslibang Perkebunan Teddy Dirhamsyah mengatakan Kementan siap untuk memberikan bantuan kepada daerah. Mulai dari sisi teknologi, benih yang bersertifikat dan unggul serta lainnya. "Kami support dengan sumber daya yang kami miliki di pemerintah pusat," katanya. (OL-15)

Baca Juga

MI/Jamaah

Tanggul Sungai Dawe Jebol Dua Desa di Kudus Kebanjiran

👤Jamaah 🕔Selasa 30 November 2021, 13:38 WIB
TANGGUL Sungai Dawe yang melintas Desa Golantepus,  Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus jebol. Akibatnya ratusan rumah warga di dua desa...
Istana Kepresidenan/Agus Suparto

Koleksi Bendungan Bertambah, Presiden: Ketahanan Pangan Bisa Terwujud

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 30 November 2021, 13:21 WIB
Para petani di Bojonegoro dan Trenggalek yang merupakan daerah sentra padi akan memiliki kepastian atas pasokan...
dok.Polda Jambi

Operasi Zebra Siginjai 2021 Jambi Tilang 1.380 Kendaraan

👤Solmi 🕔Selasa 30 November 2021, 13:11 WIB
 PENINDAKAN pada Operasi Zebra 2021 sejak 15 sampai 28 November 2021 meningkat dibanding operasi yang sama tahun sebelumnya. Kenaikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya