Kamis 14 Oktober 2021, 14:17 WIB

Tidak Melapor, Pengungsi Luar Negeri bisa Dipidana

Lina Herlina | Nusantara
Tidak Melapor, Pengungsi Luar Negeri bisa Dipidana

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi.- Pengungsi.

 

JUMLAH pengungsi luar negeri yang tersebar di sejumlah penampungan di Kota Makassar Sulawesi Selatan, sebanyak 1.623 orang. Mereka tinggal di 20 penampuangan yang disiapkan. Dari jumlah tersebut, baru 25% atau sekitar 400 orang yang melaporkan diri melalui e-motion.

Menurut Kepala Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar, Alimuddin, e-motion atau Electronic Immigrant Mobile Administration itu wajib diisi para pengungsi untuk memudahkan pengungsi melakukan laporan bulanan ke Rudenim.

Baca juga: Kasus Melandai, RSUD Prabumulih Nihil Pasien Covid-19

Di Indonesia, aplikasi e-motion sendiri diluncurkan sejak 16 Juni lalu. "Aplikasi tersebut memudahkan para pengungsi agar tidak bolak-balik ke Rudenim setiap bulan untuk melaporakn diri. Mereka cukup mengisi e-motion dari shelter masing-masing," sebut Alimuddin, Kamis (14/10).

"Di aplikasi, kami lakukan kunci lokasi, jadi laporan bulanan hanya bisa dilakukan di shelter. Ternyata ada beberapa kendala yang dikeluhkan pengungsi, sehingga kita juga lakukan monitoring, untuk mendampingi dan menginventarisir kendala-kendala yang ada untuk dicarikan solusinya," sambung Alimuddin.

Tujuan laporan bulanan bagi pengungsi, sebagai bentuk pengawasan, dan memastikan mereka tetap ada di shelter dan tempat-tempat yang mereka memang harus ada. "Karena mereka tidak boleh bepergian tanpa pengawasan. Meski ada yang bertahun-tahun di Makassar, mereka bukan warga Indonesia kan," seru Alimuddin.

Dia menyebutkan, jika para pengungsi tidak malakukan pelaporan tiga kali berturut-turut, maka meraka bisa dipidana dan dikurung dalam Rudenim, merujuk pada Peraturan Presiden RI Pasal 36 tentang pengungsian.

"Tapi ini masih terus disosialisasikan. Target kami, semua pengungsi yang ada di Makassar bisa menggunakan e-motion untuk melaporkan diri pada 2022 mendatang," pungkas Alimuddin. (OL-6)

Baca Juga

MI/CRI CANON RIA DEWI

Ketua Dekrasda Lampung Meluncurkan Sulam Jelujur

👤Cri Canon Ria Dewi 🕔Senin 25 Oktober 2021, 12:20 WIB
Untuk membuat sulam jelujur menjadi produk yang menarik dan berkualitas perlu sentuhan inovasi dari tangan-tangan kreatif...
MI/Lilik Darmawan

Penyandang Disabilitas Berdaya Jadi Pemasar di Dunia Maya

👤Lilik Darmawan 🕔Senin 25 Oktober 2021, 12:03 WIB
Irma yang juga seorang difabel sejak beberapa tahun silam sengaja mengumpulkan para penyandang disabilitas untuk bergabung dalam usaha...
MI/Dwi Apriani

UMKM Sumsel Mulai Adaptasi Dengan Platform Digital

👤Dwi Apriani 🕔Senin 25 Oktober 2021, 10:41 WIB
Pandemi Covid-19  memaksa pelaku UMKM di Sumatra Selatan mengembangkan usaha dengan memanfaatkan aplikasi digital yang sudah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Proyek Strategis Terus Melaju

Pemerintah perlu melakukan berbagai langkah extraordinary agar realisasi PSN dapat berjalan lebih maksimal.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya