Senin 11 Oktober 2021, 17:51 WIB

Waspada Bencana Hidrometeorologi, BPBD Banyumas Miliki Aplikasi Simbebas

Lilik Darmawan | Nusantara
Waspada Bencana Hidrometeorologi, BPBD Banyumas Miliki Aplikasi Simbebas

ANTARA
Ilustrasi

 

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) meminta masyarakat untuk mewaspadai bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor. Apalagi, selama September di Banyumas telah terjadi 12 kali bencana khususnya longsor.

Untuk melakukan antisipasi, BPBD Banyumas juga telah memiliki aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penanggulangan Bencana Banyumas (Simbebas). Kepala Pelaksana BPBD Banyumas Titik Puji Astuti mengatakan bahwa BPBD Banyumas sudah mempunyai Simbebas. Dengan aplikasi tersebut, maka  pelaporan dan data bencana akan lebih mudah.

"Selama September, telah terjadi 12 kali peristiwa bencana pada bulan September. Skalanya memang masih kecil, namun harus tetap diwaspadai. Karena itulah, kami minta supaya masyarakat meningkatkan kesiapsiagaan," Jelas Titik, Senin (11/10).

Sebelumnya, BPBD Banyumas telah melakukan pemetaan terhadap daerah-daerah yang rawan bencana baik banjir maupun longsor. Untuk bencana banjir, ada 6 kecamatan yang rawan banjir, kemudian 16 kecamatan lainnya potensial longsor dan 16 kecamatan lainnya rawan angin kencang dan putting beliung.

Selain pemetaan, BPBD juga membentuk desa tangguh bencana dan Forum Risiko Bencana (FRB). Tahun ini, ada dua desa yang dibentuk menjadi Desa Tangguh Bencana. Yakni Desa Karanggintung, Kecamatan Kemranjen dan Desa Banjarpenepen, Kecamatan Sumpiuh. Untuk dua desa tersebut dialokasikan anggaran Rp90 juta yang berasal dari anggaran Pemprov Jateng.

"Selain Desa Tangguh Bencana, juga dibentuk FRB. FRB dibentuk di Desa Sawangan, Kecamatan Ajibarang. Untuk pembentukan FRB, dana yang  dialokasikan mencapai Rp43 juta. Desa ini merupakan wilayah yang rawan terhadap bencana, sehingga perlu dibentuk FRB," ujar dia. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Yudhie

Telah Lahir Anak Gajah Jantan di Taman Nasional Tesso Nilo

👤Atalya Puspa 🕔Senin 06 Desember 2021, 20:55 WIB
Anak gajah tersebut merupakan anak keempat dari seekor gajah bernama Ria sebagai hasil dari breeding dengan Gajah...
MI/Dwi Apriani

Polrestabes Palembang Gagalkan Peredaran Lima Kilogram Sabu

👤Dwi Apriani 🕔Senin 06 Desember 2021, 20:28 WIB
KEPOLISIAN Resor Kota Besar Palembang, Sumsel, menyita lima kilogram narkoba jenis sabu-sabu dari dua...
ANTARA Aditya Pradana

Nurdin Abdullah Urung Ajukan Banding

👤Lina Herlina 🕔Senin 06 Desember 2021, 20:17 WIB
GUBERNUR Sulawesi Selatan nonaktif, Nurdin Abdullah memutuskan tidak mengajukan banding atas hukuman yang dijatuhkan Pengadilan Tindak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya