Senin 04 Oktober 2021, 14:10 WIB

Kearifan Lokal Tasikmalaya Jadi Berkah untuk Amily Hijab

Budi Ernanto | Nusantara
Kearifan Lokal Tasikmalaya Jadi Berkah untuk Amily Hijab

DOK IST
Salah satu gerai Amily Hijab di Tasikmalaya, Jawa Barat.

 

DI tengah pandemi covid-19 yang belum juga usai, banyak orang yang mencoba bertahan dengan membangun usaha sendiri. Ada juga yang menjalankan bisnis bersama dan bahkan dengan pasangan sendiri.

Bicara soal menjalani bisnis bersama pasangan, sosok Ilham Mauluddin dan Najmi Nurul Haq bisa dijadikan sebagai inspirasi. Dengan semangat menebar kebaikan yang mereka miliki, keduanya berhasil membangun sebuah brand hijab syar’i bernama Amily Hijab.

Ilham dan dan Najmi tidak memulai bisnis mereka dengan mudah. Keduanya mengaku membangun merek dengan penuh perjuangan. Kendala yang dirasakan antara lain sulitnya mendapat akses informasi sehingga tak mudah untuk menjangkau supplier yang dapat memenuhi kebutuhan usaha.

Namun mereka tidak menyerah. Pasangan muda ini berusaha beradaptasi, mencari solusi terbaik hingga akhirnya mereka dapat mengembangkan usahanya hingga saat ini.

“Bagi kami bisnis adalah wasilah kebaikan, salah satunya semangat menyebarkan syiar hijab syar’i. Selain itu, bisnis dengan tujuan baik haruslah dimulai dengan cara yang baik dan dilakukan dengan proses operasional yang baik,” ungkap Najmi dalam keterangan resminya, Senin (4/10).

Baca juga: Penyebaran Covid-19 Di Kota Tasikmalaya Terus Menurun

Amily Hijab sendiri merupakan merek yang berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat. Tasikmalaya merupakan daerah yang terkenal dengan kerajianannya. Bagi warga Tasikmalaya, bordir sudah menjadi sebuah kebanggaan dan ciri khas tersendiri.

Ilham dan Najmi pun melihat itu sebagai sebuah peluang yang bagus untuk mengangkat kerajinan tradisional menjadi lebih modern lewat produk fashion muslimah yang mereka tawarkan.

Salah satu misi Amily Hijab, yang memiliki akun @amilyhijab di Instagram, adalah utilisasi produk berbasis kearifan lokal. Mereka membuktikan itu lewat produk andalan mereka bernama Belle Coat. Dibuat menggunakan bordir 3 dimensi bermotif bunga Daisy sebagai aksen utamanya. Itu menjadi daya tarik sendiri bagi para pecinta kerajinan tradisional. 

Teknik bordir manual khas Tasikmalaya yang digunakan pada Belle Coat juga memiliki daya jual tinggi dan mampu bersaing di pasar Internasional.

Sebagai brand yang memiliki misi upaya pemberdayaan untuk kesejahteraan bersama, Amily Hijab juga membuka peluang bagi siapa saja yang ingin membangun usaha melalui kemitraan Amily Hijab, termasuk pasangan yang ingin mengikuti jejak Ilham dan Najmi dalam membangun bisnis bersama.

“Dengan jadi mitra Amily banyak perempuan yang bisa nambah penghasilan dari rumah, tanpa meninggalkan kewajiban sebagai seorang istri dan ibu di rumah. Dan tentu dengan modal yang terjangkau hanya 500ribuan.” ujar sang owner. (R-3)

Baca Juga

dok.ant

TNI Dukung Layanan Tes HIV dan Vaksinasi COVID-19 di Paniai

👤Muhamad Fauzi 🕔Jumat 03 Desember 2021, 07:05 WIB
PERSONEL TNI dari Komando Rayon Militer 1703-01/Enarotali mendukung penyelenggaraan pelayanan pemeriksaan HIV dan vaksinasi COVID-19 di...
ANTARA

Kota Semarang Izinkan Tempat Hiburan dan Wisata Buka Saat Nataru

👤Akhmad Safuan 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:10 WIB
PEMERINTAH Kota Semarang, Jawa Tengah mengizinkan seluruh tempat hiburan dan obyek wisata buka saat liburan Natal dan Tahun Baru...
MI/Gabriel Langga

Sikka Jadi Model Closed Loop Hortikultura di NTT

👤Gabriel Langga 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:03 WIB
MELALUI anak-anak muda yang terlibat di bidang pertanian, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian ingin menjadi Kabupaten Sikka sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya