Selasa 22 Juni 2021, 21:35 WIB

Jumlah Titik Panas di Sumsel Makin Meningkat

Dwi Apriani | Nusantara
Jumlah Titik Panas di Sumsel Makin Meningkat

DOK MI
Ilustrasi

 

MUSIM kemarau yang mulai terjadi membuat jumlah titik panas (hotspot) di Sumatera Selatan (Sumsel) terus mengalami peningkatan. Di pekan ketiga Juni, jumlah hotspot sudah mencapai 154 titik dan menjadi jumlah tertinggi sepanjang tahun ini.

Kabid Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori mengatakan, hotspot sudah terdeteksi satelit LAPAN sejak Januari lalu. Jumlahnya mencapai 11 hotspot. Jumlahnya meningkat menjadi 17 hotspot di Februari. Lalu, Maret jumlah hotspot menjadi 49 titik.

"April jumlahnya meningkat hampir tiga kali lipat menjadi 122 titik. Lalu, Mei terjadi peningkatan menjadi 139 titik. Untuk Juni memang paling tinggi sepanjang tahun ini," kata Ansori, Selasa (22/6).

Ansori menuturkan, secara total ada sebanyak 492 hotspot di Sumsel. Berdasarkan wilayah, Kabupaten OKI menjadi yang paling banyak dengan 98 titik. Disusul Banyuasin sebanyak 63 titik, Pali 60 titik, Lahat 58 titik dan Musi Banyuasin sebanyak 52 titik. "Sementara wilayah yang masih belum terdeteksi hotspot adalah Kota Palembang," ucapnya. 

Ansori menjelaskan, jumlah hotspot yang terdeteksi masih belum terlalu banyak. Pasalnya, potensi hujan masih bisa terjadi meskipun telah memasuki musim kemarau. "Kondisi lahan di sebagian wilayah tetap basah. Beberapa wilayah bahkan ada yang mengalami hujan dengan intensitas yang cukup lama. Hanya saja, kita tetap meningkatkan kesiagaan," bebernya.

Ia mengatakan, pihaknya terus meningkatkan pengawasan di lokasi rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumsel. Melalui patroli udara maupun darat. 

"Beberapa hotspot memang sudah ada yang berpotensi menjadi firespot. Biasanya, kami akan memastikannya melalui patroli udara. Jika memang potensinya besar, maka akan dilakukan penelusuran dengan tim darat," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

MI/CRI CANON RIA DEWI

Sinergi BUMN dan BUM-Des Percepat Pemulihan Ekonomi di Lampung

👤Cri Canon Ria Dewi 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 21:10 WIB
Pemprov Lampung terus membuat terobosan baru berupa program-program unggulan yang bersinergi dengan BUM-Des dan Desa...
MI/YOSE HENDRA

PT Pangansari Utama Saling Sinergi Kembangkan Nasi Padang Instan

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 21:08 WIB
Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumatra Barat Efendi melihat peluncuran Nasi Padang Instan merupakan wujud implementasi masa depan pangan...
MI/WIBOWO SANGKALA

Gubernur Wahidin Halim Banggakan Jalan Mulus yang Dulu Rusak Parah

👤Wibowo Sangkala 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 20:55 WIB
Jalan-jalan rusak di Kabupaten Pandeglang sudah disentuh dana Pemprov Banten, diperbaiki, dan kini jadi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya