Kamis 10 Juni 2021, 11:32 WIB

Lion Air Ungkap Kronologi Wafatnya Wakil Bupati Sangihe di Pesawat

Insi Nantika Jelita | Nusantara
Lion Air Ungkap Kronologi Wafatnya Wakil Bupati Sangihe di Pesawat

Antara
Helmud Hontong

 

LION Air angkat bicara soal meninggalnya Wakil Bupati Sangihe, Sulawesi Utara, Helmud Hontong (HH) di dalam pesawat milik maskapai itu pada Rabu (9/6). Almarhum wafat dalam pesawat Lion Air penerbangan JT-740 dari Bali menuju Makassar.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menyebut, pelaksanaan operasional serta penanganan penumpang berinisial HH, dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bali (DPS) tujuan Makassar melalui Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin di Maros, Sulawesi Selatan (UPG) itu sudah sesuai standar prosedur (SOP).

Jadwal keberangkatan JT-740 pukul 15.08 WITA pada (9/6) dan dijadwalkan tiba di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin pada 16.08 WITA. Namun, pada pukul 15.40 WITA, terdapat satu penumpang, yakni HH dikatakan Danang, membutuhkan pertolongan medis lebih lanjut.

"Pimpinan awak kabin (senior flight attendant/ SFA) bersama kru kabin menghampiri penumpang tersebut guna mengetahui kondisi aktual penumpang," kata Danang dalam keterangan resminya, Kamis (10/6).

Di penerbangan JT-740 itu, lanjutnya, terdapat tenaga medis (kesehatan), yang dibuktikan dengan tanda identitas secara resmi. Menurut prosedur kerja penanganan penumpang, awak kabin segera memberikan POB (tabung oksigen portabel) dengan tindakan melonggarkan pakaian yang mengikat, menyandarkan kursi serta memasangkan masker oksigen.

Danang mengatakan, pada pukul 16.10 WITA, petugas layanan darat (ground handling) Lion Air di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin menghubungi tim medis di bandar udara.

Lalu, pesawat mendarat pada 16.17 WITA, ketika posisi pesawat sudah sempurna dan berada di landas parkir (apron) tim medis bersama petugas Lion Air melakukan penanganan dan penjemputan dari pintu pesawat bagian belakang, kemudian dilakukan pemeriksaan dan pertolongan.

"Lion Air mendapatkan informasi dari pihak tim medis, bahwa penumpang inisial HH meninggal dunia. Atas nama manajemen dan seluruh karyawan Lion Air mengucapkan duka cita atas meninggalnya penumpang HH," pungkas Danang. (OL-8)

 

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Lanal Maumere Hidupkan Kembali Perahu Layar yang Punah

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 15 Juni 2021, 11:15 WIB
MENGEDUKASI nelayan yang sudah tergerus teknologi dengan memanfaatkan kearifan lokal menggunakan perahu layar. Jika ada kerusakan mesin...
ANTARA FOTO/	ARNAS PADDA

Vaksinasi Massal untuk Pedagang di Kebumen Dimulai

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 15 Juni 2021, 11:11 WIB
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan sampai sekarang dari 26 kecamatan di Kebumen, hanya 10 kecamatan yang zona...
MI/Djoko Sardjono

Kasus Covid-19 di Klaten Melonjak Lagi, 146 Orang Positif

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 15 Juni 2021, 08:35 WIB
KASUS covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, kembali melonjak, Senin (14/6). Kali ini, kasus terkonfirmasi positif sebanyak 146...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pengelola Nakal di Hunian Vertikal

TREN masyarakat tinggal di hunian vertikal terus meningkat dalam lima tahun belakangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya