Jumat 26 Februari 2021, 00:13 WIB

Berstatus Tahanan, Wabup OKU Tetap Akan Dilantik

Dwi Apriani | Nusantara
Berstatus Tahanan, Wabup OKU Tetap Akan Dilantik

DOK MI
Ilustrasi

 

JOHAN Anuar yang kini menjalani masa tahanan di Rutan Klas IA Palembang, akan tetap mengikuti pelantikan Wakil Bupati Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, yang rencananya berlangsung Jumat (26/2). Johan, yang berpasangan Kuryana Aziz merupakan pemenang di pilkada OKU beberapa waktu lalu, tersandung kasus korupsi lahan pemakaman di OKU.

Kepastian Johan Anuar mengikuti pelantikan dibeberkan Gubernur Sumsel Herman Deru. Ia mengatakan, pelantikan enam Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada pilkada serentak yang lalu dipastikan akan dihadiri semua pasangan bupati dan wabup terpilih. "Semuanya akan hadir, termasuk Wabup OKU, Johan Anuar akan hadir pada pelantikan ini," katanya, Kamis (25/2).

Herman Deru mengatakan pihaknya sudah menerima keputusan terkait kehadiran Wabup Oku, Johan Anuar pada saat pelantikan tersebut. "Kita sudah menerima surat dari hakim, bahwa Wabup OKU, Johan Anuar dapat hadir dalam acara pelantikan nanti," jelasnya.

Sementara itu, Juru Bicara Pengadilan Negeri Klas IA Palembang, Abu Hanifah mengungkapkan, sudah ada surat dari Kemendagri tentang permintaan izin pelantikan terhadap Johan Anuar. "Sudah ada surat dari Kemendagri tentang permintaan izin untuk pelantikan terhadap Johan Anuar, dalam hal ini PN khususnya majelis hakim memberikan izin dengan syarat dilakukan pengawalan oleh petugas Jaksa KPK," katanya.

Ia menjelaskan, setelah pelantikan kepala daerah terpilih nanti jabatannya akan langsung nonaktif sebagai Wabup OKU usai dilantik. "Hal ini sesuai dengan asas praduga tak bersalah. Untuk kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih jika ada yang berstatus terdakwa maka usai dilantik jabatannya dinonaktifkan. Apabila sudah ada putusan hukuman atau vonis pidana yang dinyatakan sudah memiliki kekuatan hukum tetap atau inkrah, barulah jabatan tersebut statusnya menjadi diberhentikan," jelasnya.

Lebih jauh, Herman Deru mengatakan pelantikan hanya akan dilakukan terhadap enam b dan wakil bupati terpilih yakni OKU Selatan, OKU Timur, OKU, Musi Rawas, Muratara dan Ogan Ilir. Sementara untuk Kabupaten Pali belum bisa dilakukan pelantikan lantaran proses persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK) masih berlanjut.

"Nantinya, Pali sementara dipimpin pejabat sementara. Sudah saya ajukan nama Rosyidin Hasan, staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, yang akan menjadi pejabat sementara," terangnya. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA/M Agung Rajasa

Pengunjung Indonesia Hijabfest Capai Ribuan Orang per Hari

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 11 April 2021, 17:50 WIB
Indonesia Hijabfest ini merupakan salah satu upaya pemberdayaan 1.000 UMKM melalui merek-merek ternama yang...
MI/BAYU ANGGORO

Ramaikan Industri Kosmetik, Skin Solution Menambah Pabrik Baru

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 11 April 2021, 17:45 WIB
Perkembangan industri kosmetik saat ini mengalami kemajuan yang cukup pesat meski pandemi covid 19 belum...
ANTARA/Iggoy el Fitra

Polres Cimahi Akan Tindak Tegas Penimbun Sembako

👤Depi Gunawan 🕔Minggu 11 April 2021, 17:35 WIB
Polres Cimahi, Jawa Barat mengingatkan pengusaha, pedagang, distributor, dan agen tidak menimbun sembako serta kebutuhan pokok lainnya saat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tata Ulang Desain Olahraga Nasional untuk Capai Prestasi

 Prestasi tidak dicapai dengan proses singkat. Kerap kali butuh waktu bertahun-tahun untuk meraihnya

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya