Rabu 27 Januari 2021, 21:18 WIB

Gelombang Tinggi dan Banjir Rob Ancam Pesisir Indramayu

Nurul Hidayah | Nusantara
Gelombang Tinggi dan Banjir Rob Ancam Pesisir Indramayu

ANTARA
Ilustrasi banjir rob.

 

MASYARAKAT dan nelayan di pesisir Indramayu, Jawa Barat diimbau untuk mewaspadai gelombang tinggi. Ancaman banjir pasang air laut atau rob juga harus diwaspadai.

Petugas Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kertajati, Kabupaten Majalengka, Ahmad Faa Izyn menjelaskan imbauan itu disampaikan BMKG Kedeputian bidang  Meteorologi. "Gelombang tinggi dan banjir pesisir (rob) di perairan  utara Jawa itu pada 27-29 Januari 2021," ungkap Faiz, Rabu (27/1).

Ancaman gelombang tinggi dan banjir rob tersebut menurut Faiz dikarenakan selama kurun waktu tersebut kecepatan angin cukup tinggi yaitu antara 9-46 km/jam. Angin kencang tersebut berhembus konsisten di laut Jawa dan mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di  perairan utara Jawa.

Ketinggian gelombang diperkirakan berkisar 2,5 meter hingga 4 meter. "Kondisi ini diperparah dengan adanya adanya bulan purnama," ungkap Faiz.

Sementara itu Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Indramayu, Dedi Aryanto, menjelaskan sebenarnya sebagian besar nelayan tradisional di kabupaten Indramayu saat ini sudah tidak bisa melaut.

"Akibat gelombang tinggi sudah dua mingguan ini nelayan tradisional sudah tidak bisa melaut terutama nelayan di pesisir utara Indramayu mulai dari Ujunggebang hingga Pabean Ilir," ungkap Dedi.

Namun untuk nelayan di pesisir timur Indramayu seperti Glayem, Dadap dan Limbangan untuk saat ini masih bisa melaut. Menurut Dedi ini dikarenakan pesisir timur Indramayu lebih aman dibandingkan pesisir utara. (OL-15)

Baca Juga

Antara

Gunung Merapi Semburkan Lahar 12 Hali dalam Satu Hari

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 04 Maret 2021, 02:30 WIB
''Delapan semburan lahar pertama tercatat antara tengah malam dan 6 pagi, dengan jarak luncur maksimum 1.500 meter kebarat...
MI/M yakub

Luapan Anak Sungai Bengawan Solo Banjiri Dua Kecamatan

👤M Yakub 🕔Rabu 03 Maret 2021, 22:55 WIB
LUAPAN Kali Ganggang dan Kali Pacal membuat genanganan air di dua kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, Jatim, Rabu...
MI/Surya Sriyanti

Polda Kalteng Siapkan 2.112 Personel Tanggulangi Karhutla

👤Surya Sriyanti 🕔Rabu 03 Maret 2021, 22:03 WIB
Kapolda juga berharap dengan terlaksananya rapat kordinasi seperti saat ini dapat menghasilkan langkah-langkah konkrit dalam mencegah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya