Senin 18 Januari 2021, 15:00 WIB

Bantu Masyarakat Kasepuhan Banten Dapatkan 5 SK Hutan Adat

Mediaindonesia.com | Nusantara
Bantu Masyarakat Kasepuhan Banten Dapatkan 5 SK Hutan Adat

Dok.Ist
Ketua Kesatuan Adat Kasepuhan Banten Kidul (Sabaki) Sukanta.

 

SOSOK Komjen Listyo Sigit Prabowo dikenal baik. Di mana pun dia bertugas selalu menorehkan tintas emas sehingga masyarakat sangat berkesan dan rindu  sosok pemimpin seperti itu. Pendiam, mau mendengar dan banyak berbuat itulah yang dirasakan masyarakat saat Sigit menjadi Kapolda Banten periode 2016-2018.

Cerita itu disampaikan Ketua Kesatuan Adat Kasepuhan Banten Kidul (Sabaki) Sukanta. Menurutnya, Sigit berhasil memperjuangkan terbitnya lima Surat Keputusan (SK) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait hutan adat untuk masyarakat kasepuhan.

Baca juga: Penetapan Hutan Adat Memerlukan Mekanisme Legal Formal

Dengan SK tersebut, masyarakat kesepuhan kini hidup tenang dan damai karena bisa mengatur dan mengolah lahan tersebut hingga tenggat waktu yang tidak ditentukan.

"Tak lama setelah kamu ceritakan masalahnya, Pak Sigit dan beberapa menteri terkait. Beberapa bulan kemudian langsung dikeluarkan SK-nya," ujar Sukanta kepada wartawan, Senin (18/1).

Menurut dia, dengan adanya SK tersebut lahan yang ditempati ribuan warga itu kini sudah keluar dari areal taman nasional yang sebelumnya dikelola  pemerintah. "Pak Sigit itu mau mendengarkan keluh kesah masyarakat meskipun yang dihadapi sangat sulit," ungkapnya.

Sukanta merasakan betul jiwa kepemimpinan Sigit yang mau berbaur dan mendengarkan keluhan masyarakat. Bahkan seakan-akan tidak ada jarak antara pejabat dan warga biasa. "Pak Sigit ini orangnya bisa berdiri di tengah, bisa mengayomi semua masyarakat. Siapapun yang datang beliau terima," ucap Sukanta.

Dia menyebut, Sigit bukanlah tipe orang yang mudah lupa. Hal itu dibuktikan saat beliau sudah tidak lagi menjabat Kapolda Banten tetapi masih mau menghadiri acara Kasepuhan di kawasan Citorek, Banten Kidul.

"Ketika itu, Pak Sigit menjabat Kadiv Propam tapi dia mau menyempatkan hadir yang jaraknya sangat jauh. Sikap ini yang kami rindukan sehingga sangat membekas di hati masyarakat adat," ujarnya.

Kini, Masyarakat Adat Kasepuhan Banten Kidul menyambut baik penunjukan Sigit sebagai calon Kapolri. Mereka meyakini, Polri akan semakin lebih profesional, modern dan terpecaya (Promoter) di bawah komando Sigit. (Ant/A-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/

PPKM Mikro di Kalimantan Tengah Diperpanjang

👤Surya Sriyanti 🕔Senin 12 April 2021, 09:39 WIB
Provinsi Kalteng memperpanjang pelaksanaan PPKM MIkro mulai 6 April sampai dengan 19 April.karena tingkat kesembuhan masih rendah dan kasus...
medcom.id

Total Kasus Covid-19 di Klaten Mencapai 7.025 Orang, 471 Meninggal

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 12 April 2021, 08:21 WIB
Berdasarkan laporan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten, Minggu (11/4), kasus positif bertambah lagi 31...
MI/Supardji Rasban

Harsoyo Akhirnya Jadi Ketua DPC Papdesi Kabupaten Tegal

👤Supardji Rasban 🕔Senin 12 April 2021, 08:14 WIB
Harsoyo akhirnya dikukuhkan menjadi Ketua DPC Persatuan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Kabupaten Tegal setelah sempat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya