Jumat 06 November 2020, 08:09 WIB

PUPR akan Bangun Infrastruktur ke Kawasan Food Estate Kalteng

Insi Nantika Jelita | Nusantara
PUPR akan Bangun Infrastruktur ke Kawasan Food Estate Kalteng

Dok Humas Pemprov Kalteng
Ilustrasi--Presiden Joko Widodo meninjau lokasi Food Estate di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Kalteng.

 

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun infrastruktur menuju lokasi pengembangan lumbung pangan baru atau kawasan food estate di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan peningkatan konektivitas tersebut mencakup perbaikan kualitas jalan dan jembatan menuju Daerah Irigasi (DI) Dadahup, Kabupaten Kapuas dan DI Belanti, Kabupaten Pulang Pisau dengan total panjang 76,8 km.

"Pekerjaan tersebut diperkirakan membutuhkan anggaran sebesar Rp792,37 miliar. Saat ini, progresnya masih dalam tahap lelang yang ditargetkan akan ditandatangani kontrak konstruksinya pada pertengahan November 2020," ungkap Basuki dalam keterangan resmi, Kamis (5/11).

Baca juga: Sektor Pertanian Tetap Bertumbuh

Basuki mengatakan konektivitas antarwilayah diperlukan agar mobilitas barang, jasa, dan manusia lebih efisien. Dengan konektivitas yang semakin baik, diharapkan perekonomian wilayah meningkat.

"Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan akan meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas, di samping memberikan alternatif bagi warga untuk meningkatkan produktivitas perekonomian," ujar Basuki.

Dijelaskannya, untuk peningkatan konektivitas menuju DI Dadahup, direncanakan total panjang yang akan ditangani 34,68 km yang dibagi menjadi 3 paket pekerjaan dan peningkatan kondisi jembatan kawasan DI Dadahup sepanjang 60 meter, dengan alokasi anggaran Rp336,96 miliar.

Selanjutnya, untuk konektivitas menuju DI Belanti, direncanakan total panjang yang akan ditangani mencapai 41,85 km yang dibagi menjadi 5 paket pekerjaan dan peningkatan kondisi jembatan kawasan DI Belanti sepanjang 170 meter, dengan alokasi anggaran Rp455,41 miliar.

Untuk perluasan kawasan Food Estate yang akan ditanami singkong di Kabupaten Gunung Mas, Kementerian PUPR juga akan membangun jalan utama sepanjang 10 km di dalam kawasan prioritas 2.000 hektare dan jalan sekunder 25 km, dengan perkiraan anggaran Rp336,91 miliar. (OL-1)

Baca Juga

Ist

Turun, Produksi Kacang Tanah Sultra Hanya 3.221 Ton

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 04:15 WIB
Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat produksi kacang tanah di daerah itu pada tahun 2020 sebanyak 3.221...
ANTARA FOTO/Fiqman Sunandar

BMKG Sampaikan Analisa Terkait Bencana di Sulawesi Utara

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 01:30 WIB
Massa udara yang bertemu di Sulut merupakan massa udara basah yang terbawa dari Samudera Pasifik sebelah...
Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Wabup Pringsewu Dorong Budidaya Ikan di Tengah Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 00:02 WIB
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mengajak masyarakat kabupaten setempat membudidayakan ikan guna meningkatkan perekonomian saat pandemi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya