Rabu 21 Oktober 2020, 22:10 WIB

Usai Sosialisasi, Tol Manado-Bitung Bakal Mulai Bertarif

Mediaindonesia.com | Nusantara
Usai Sosialisasi, Tol Manado-Bitung Bakal Mulai Bertarif

ANTARA/Adwit B Pramono
Ilustrasi

 

Tiga pekan sejak diresmikan Presiden Jokowi, tol Manado-Bitung, ruas Manado-Danowudu, PT Jasamarga Manado Bitung belum memungut tarif bagi pengguna yang melintas di tol terpanjang di Sulawesi itu.

"Dalam waktu dekat akan dikenakan tarif, masih menunggu dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," sebut Direktur Utama PT JMB George IMP Manurung di Manado, Rabu (21/10).

Lalulintas Harian Rata-rata (LHR) jalan tol ini adalah 8.107 kendaraan, dan tertinggi tercatat di hari Sabtu (10/10) sebanyak 10.571 kendaraan.

LHR Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu ini cenderung masih di bawah target dari PT JMB karena di masa pandemi covid-19 ini, pemerintah daerah masih memberlakukan program-program pencegahan di antaranya mengurangi masyarakat bepergian keluar rumah.

Faktor lainnya, kendaraan besar belum berani masuk tol dan masyarakat enggan membeli kartu uang elektronik perdana.

Dia berharap, apabila telah dikenakan tarif tol, pengguna memanfaatkan uang elektronik.

"Masyarakat harus memastikan kecukupan saldonya untuk dapat mengakses jalan tol Manado-Bitung. Ke depannya, kami akan terus berkoordinasi dengan pihak perbankan untuk mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat, terutama kemudahan pembelian kartu perdana hingga fasilitas top up saldo,” katanya.

Manurung kembali memastikan, hingga saat ini, jalan tol Manado-Bitung masih beroperasi tanpa tarif sebagai bagian dari sosialisasi kepada masyarakat.

Sosialisasi ini, tidak hanya terkait penggunaan uang elektronik, tetapi diharapkan dapat membentuk perilaku berkendara di jalan tol yang mematuhi peraturan dan rambu-rambu yang dipasang.

Saat ini, PT JMB baru mengoperasikan ruas Manado-Danowudu sepanjang 26,35 kilometer dari keseluruhan panjang bentangan 40 kilometer.

Saat diresmikan Presiden Joko Widodo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebutkan tarif tol setiap kilometer sebesar Rp1.100.  (Ant/OL-12)

Baca Juga

Ist/Dok.Humas.Kaltara

Teguh Setyabudi Segera Akhiri Jabatan Pjs Gubernur Kaltara

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 04 Desember 2020, 05:00 WIB
Ia diangkat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menjadi Pjs Gubernur Kaltara pada 25 September 2020 atau dengan masa jabatan...
MI/Hijrah Ibrahimjakaria

117 Pengawas TPS di Malut Reaktif

👤HI/J-2 🕔Jumat 04 Desember 2020, 03:30 WIB
“Dari ribuan orang petugas di seluruh kabupaten dan kota yang akan melaksanakan pilkada serentak pada 9 Desember mendatang, hasilnya...
MI/Supardji Rasban

Di Jalur Mudik Perlu Dibuat Posko Covid-19

👤JI/RF/*/X-7 🕔Jumat 04 Desember 2020, 03:20 WIB
Untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik atau mereka yang melakukan perjalanan liburan, pihak kepolisian diminta tidak hanya membuat posko...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya