Jumat 18 September 2020, 00:44 WIB

Penyalahgunaan Lahan Penyebab Kekeringan di Jatim

Faishol Taselan | Nusantara
Penyalahgunaan Lahan Penyebab Kekeringan di Jatim

ANTARA
Alih fungsi lahan menjadi salah satu penyebab kekeringan di musim kemarau.

 

PENYALAHGUNAAN fungsi lahan menjadi salah satu penyebab kekeringan kembali berulang terjadi di Jawa Timur (Jatim). Hal ini membuat pihak terkait perlu melakukan penanganan serius, agar saat musim kemarau tidak terjadi kekeringan di Jatim.

"Ini menjadi masalah yang harus dituntaskan, penyalahgunaan lahan  inilah menjadi masalah serius sehingga kekeringan kerap terjadi," kata
Pakar Kebencanaan ITS Surabaya Amin Widodo di Surabaya, kemarin.

Menurutnya, penyalahgunaan fungsi lahan kerap ditemukan di dataran  tinggi di Jatim. Salah satunya di lereng Gunung Penanggungan Mojokerto.

Alih fungsi lahan menjadi permukiman warga, pengembangan tempat wisata, dan  alih fungsi lahan hutan menjadi pertanian, menyumbang terjadinya bencana kekeringan saat musim kemarau tiba, atau justru banjir saat musim penghujan datang.

Dijelaskan, secara mendasar, kekeringan dipicu oleh penyalahgunaan  lahan yang dapat merusak ekosistem dan fungsi lahan. Namun tidak bisa dipungkiri, jenis tanah berkapur yang memiliki sifat tidak bisa menyerap air juga bisa dikategorikan sebagai penyebab  kekeringan.

"Akibat kedua hal itu, air hujan yang seharusnya diserap tidak bisa terserap, namun justru mengalir ke daerah yang lebih rendah,  mengakibatkan banjir," katanya.

Pemprov Jatim menyebut, kekeringan bisa diantisipasi dengan rencana jangka pendek membuat embung yang berfungsi sebagai tempat penampungan
air saat musim hujan tiba. Air tersebut baru digunakan saat musim kemarau, guna mengantisipasi kelangkaan air akibat kekeringan. â€

"Penggunaan embung akan menjadi sia-sia jika wilayah hutan yang lebih tinggi tidak dilakukan reboisasi terlebih dahulu," katanya. (R-1)

Baca Juga

DOK/PRUDENTIAL

Prudential Gandeng Super M Rilis Single dan Music Video We DO

👤Media Indonesia 🕔Selasa 13 April 2021, 21:30 WIB
Gaungkan semangat hidup lebih sehat melalui musik dan tarian, Prudential dan SuperM ajak masyarakat untuk tetap aktif dan sehat dengan cara...
ANTARA

BPBD Cilacap Akan Gelar Simulasi Penanganan Bencana Tsunami

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 13 April 2021, 21:29 WIB
BADAN Penanggulangan Bencana Daetah (BPBD) Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) akan menggelar simulasi bencana...
ANTARA Hendra Nurdiyansyah

Pemda DIY Izinkan Digelarnya Pasar Ramadan

👤Ardi Teristi 🕔Selasa 13 April 2021, 21:26 WIB
PEMERINTAH DIY memperbolehkan pelaksanaan pasar ramadan yang biasa digelar menjelang waktu buka...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya