Senin 31 Agustus 2020, 13:55 WIB

Polri-TNI Siap Amankan Pilkada Serentak Secara Netral

Heri Susetyo | Nusantara
Polri-TNI Siap Amankan Pilkada Serentak Secara Netral

MI/Heri Susetyo
Rapat Koordinasi Operasi Mantap Praja Semeru 2020 di Hotel Bumi Surabaya, Senin (31/8).

 

POLRI bersama TNI siap menjaga keamanan dan menjunjung tinggi netralitas pada pilkada serentak yang akan digelar 9 Desember 2020 mendatang. 

Hal ini ditegaskan Kapolda Jatim Irjen M Fadil Imran saat memimpin langsung Rapat Koordinasi Operasi Mantap Praja Semeru 2020 di Hotel Bumi Surabaya, Senin (31/8).

Rapat yang digelar untuk konsolidasi dalam rangka pilkada serentak di Jatim ini dihadiri Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V Brawijaya Mayjen Widodo Iryansyah, Kajati Jatim dan pejabat utama Polda Jatim. Selain itu dihadiri pihak Komisi Penyelenggara Pemilu (KPU), Bawaslu serta perwakilan partai politik. 

Dalam sambutannya kapolda mengatakan Polri bersama TNI selain menangani covid-19, dan upaya pemulihan ekonomi, juga dihadapkan pada pengamanan pilkada serentak di Jatim. Maka dibutuhkan profesionalisme, integritas, serta konsistensi dan kewaspadaan tinggi agar bisa melaksanakan tugas itu dengan baik.

"Hari ini kita gelar rapat koordinasi awal pilkada serentak bersama gubernur, Pangdam V Brawijaya dan penyelenggara pemilu. Sehingga pilkada serentak di Jatim bisa berjalan damai, aman dan sejuk," kata kapolda.

Kapolda menambahkan, situasi kondisi Jatim saat ini sudah sangat aman dan kondusif. Fadil berharap kondisi aman dan kondusif ini tetap terjaga selama tahapan pilkada serentak  berjalan hingga usai. Sehingga apabila tahapan pilkada berjalan baik dan berkualitas, akan melahirkan pemimpin yang berkualitas.

Menurut kapolda, pilkada tahun ini berbeda dengan pilkada-pilkada sebelumnya karena diselenggarakan di tengah pandemi. Namun meski di tengah pandemi, tetap harus diupayakan agar partisipasi masyarakat saat pemilu tetap tinggi. Dan tentu saja dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

Kapolda menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan TNI untuk pengamanan pilkada jatim. Polri dan TNI siap melaksanakan tugas keamanan sebaik mungkin. 

Termasuk sudah mempelajari indeks kerawanan dinamika politik di Jatim. Polri bersama TNI juga akan tetap maksimalkan peran Kampung Tangguh Semeru agar pilkada serentak berjalan memperhatikan physical distancing dan protokol kesehatan lainnya. 

Kapolda juga mengingatkan netralitas Polri-TNI dalam pilkada serentak nanti. Karena netralitas Polri-TNI adalah harga mati. 

Sementara itu Pangdam V Brawijaya Mayjen Widodo Iryansyah meminta seluruh jajarannya mulai kodim dan koramil untuk bisa memetakan kerawan pilkada serentak nanti. Selanjutnya komandan kodim bersama kapolres harus koordinasi sehingga apabila muncul konflik akan bisa cepat diselesaikan.

"Saya minta kepada seluruh dandim dan danramil untuk selalu melakukan koordinasi dengan kapolres saat pilkada serentak di Jatim, agar situasi dan kondisi pilkada bisa berjalan aman dan sejahtera," kata Pangdam.

Lebih jauh Pangdam menjelaskan, TNI siap membantu pengamanan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 mendatang. TNI siap diturunkan ke lapangan sewaktu-waktu apabila diminta bantuan polri. 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menambahkan, pilkada serentak  9 Desember 2020 berlangsung di tengah pandemi covid-19. Pihaknya meminta tim gugus tugas selalu mengupdate kondisi dan situasi di kabupaten/ kota yang melaksanakan pilkada serentak di Jatim.

"Pilkada saat ini dilangsungkan di tengah pandemi covid-19, sehingga saya berharap tim gugus tugas bisa terus mengupdate data covid-19 di setiap daerah, khususnya di wilayah yang akan melangsungkan pilkada 9 Desember 2020," kata Khofifah. 

Sebanyak 270 daerah dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota akan menyelenggarakan pilkada pada 9 Desember nanti. Sementara untuk Jatim sendiri ada 19 wilayah melaksanakan pilkada tersebut. Terdiri dari 3 kota dan 16 kabupaten (J-1)

Baca Juga

MI/Hijrah Ibrahim

835 Personel Polisi Amankan Pilkada Maluku Utara

👤Hijrah Ibrahim 🕔Jumat 04 Desember 2020, 06:13 WIB
Sebanyak 835 personel Kepolisian Daerah Maluku Utara diperbantukan ke 8 kabupaten Kota diprovinsi Maluku Utara untuk pengamanan TPS....
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Bandung Risiko Tinggi, Warga Dilarang Keluar Masuk Kota

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 04 Desember 2020, 05:53 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta warga mengurangi mobilitas dengan tidak keluar maupun masuk ke wilayah Kota Bandung karena Bandung...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Pencarian Prajurit TNI Hilang di Mimika Terus Berlanjut

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 04 Desember 2020, 05:50 WIB
Keberadaan  Prada Hengky Sumarlin Zai masih misterius. HIngga hari ke-17 prajurit TNI yang sedang patroli di sungai belum...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya