Kamis 13 Agustus 2020, 11:26 WIB

Polda Riau Turunkan Tim Labfor Periksa Kebakaran SOT Telkom

Rudi Kurniawansyah | Nusantara
Polda Riau Turunkan Tim Labfor Periksa Kebakaran SOT Telkom

ANTARA FOTO/Rony Muharrman
Petugas Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru berusaha memadamkan kebakaran di gedung di area Plasa Telkom Pekanbaru, Selasa (11/8/2020)

 

POLDA Riau menugaskan 6 personel laboratorium forensik (labfor) cabang Pekanbaru untuk melakukan pemeriksaan di fasilitas sentra telpon otomat (SOT) di gedung PT Telkom dan Telkomsel di Jalan Sudirman Pekanbaru. Terlebih kebakaran itu telah menyebabkan gangguan kepentingan publik dan kerugian bagi warga Riau selama sehari penuh yang mayoritas menjadi pelanggan setia perusahaan BUMN tersebut.

"Tim dipimpin Kacab Labfor AKBP (Ajun Komisaris Besar Polisi) Yani untuk melakukan pemeriksaan di obyek yang terbakar. Giat mulai dari tadi malam pasca kebakaran dan berlanjut tadi pagi hingga siang," kata Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Riau AKBP Sunarto di Pekanbaru, Kamis (13/8).

Sunarto menjelaskan, tim labfor membawa beberapa sampel di antaranya kabel-kabel yang terbakar dan abu dari dugaan lokasi api pertama kebakaran atau LAPK untuk diperiksa dan dianalisis di labfor. 

"Ini memerlukan waktu untuk tim bekerja," tegas AKBP Sunarto.

baca juga: Kebakaran STO, Telkomsel Hilang Sinyal Lebih Dari 16 Jam

Sejauh ini jaringan provider terbesar di Indonesia, Telkomsel hilang sinyal sekitar 24 jam atau seharian penuh sejak kebakaran SOT terjadi pukul 15.00 WIB, Selasa (11/8), di Kota Pekanbaru, Riau dan sekitarnya. Akibatnya, mayoritas warga ibukota Provinsi Riau yang menjadi pelanggan setia perusahaan BUMN itu tidak bisa menggunakan internet  dan berkomunikasi karena adanya gangguan.

"Kami sangat dirugikan karena banyak transaksi yang batal sebab tidak bisa menelpon dan internet," kata Rahayu, pedagang toko online warga Pekanbaru.

Jaringan telkomsel kembali mulai pulih sekitar pukul 17.30 WIB, Rabu (12/8). Sinyal Telkomsel kembali muncul dan stabil. Pelayanan telpon dan internet juga telah bisa digunakan seperti pada kondisi normal.(OL-3)

Baca Juga

Dok.MI

342 Tenaga Medis Gugur IDI Beri Peringatan

👤(Van/E-3) 🕔Minggu 06 Desember 2020, 05:55 WIB
TIM Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengumumkan dari Maret hingga Desember total 342 tenaga medis dan tenaga kesehatan...
heri susetyo

3M Amankan Pesta Demokrasi

👤HERI SUSETYO 🕔Minggu 06 Desember 2020, 05:50 WIB
SEUSAI subuh, sejumlah petugas sudah datang ke tempat pemungutan suara. Mereka menyemprot seluruh meja, kursi, peralatan, dan lantai dengan...
M IRFAN

Angka Kesembuhan di DKI Tertinggi

👤(Hld/Medcom/J-1) 🕔Minggu 06 Desember 2020, 04:55 WIB
DKI Jakarta menempati posisi tertinggi penambahan kasus covid-19,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya