Kamis 18 Juni 2020, 06:40 WIB

Warga Jemput Paksa 16 Pasien Korona

(AS/HT/N-1) | Nusantara
Warga Jemput Paksa 16 Pasien Korona

Akhmad Safuan
Warga Jemput Paksa 16 Pasien Covid-19 di Blora

 

SEBANYAK 16 pasien positif covid-19 di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, yang sedang diisolasi dan dirawat di salah satu klinik, dijemput paksa oleh keluarga mereka. Keluarga beralasan akan melakukan isolasi mandiri para pasien di rumah masing-masing.

Pasien sebanyak itu merupakan klaster Temboro dan termasuk orang tanpa gejala. Mere ka dirawat dan diisolasi dalam beberapa hari terakhir di Klinik Bakti Padma. Saat penjemputan paksa itu, sempat terjadi kete gangan antara petugas dan keluarga pasien.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora Lilik Hernanto mengungkapkan keluarga ke-16 pasien itu memilih menjemput paksa dengan dalih pasien tidak kunjung sembuh kendati sudah lama dirawat. "Mereka protes dan menjemput pasien karena menilai sudah lama menjalani isolasi di Klinik Bakti Padma, tapi belum sembuh-sembuh," kata Lilik.

Menurutnya, petugas dan tim kesehatan menjelaskan bahwa untuk sembuh dari covid-19 butuh kesabaran luar biasa, termasuk kondisi psikis. Namun, keluarga memaksa menjemput dan terjadi ketegangan. Ke-16 pasien itu pun diizinkan pulang, tapi dengan pengawasan ketat petugas. "Kami akan menurunkan tim dan terus mengontrol pasien hingga betul-betul dinyatakan sehat secara klinis setelah menjalani tes swab kedua," ujar Lilik.

Terkait dengan penjemputan paksa 16 pasien korona, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung menghubungi Bupati dan Wakil Bupati Blora untuk mengawasi kasus itu. Ia meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora memastikan pasien yang pulang melakukan isolasi di rumah dengan protokol kesehatan yang ketat.

Menurut Ganjar, pengawasan lanjut juga harus terus dilakukan agar mereka tidak menularkan kepada warga lain. Bahkan, ia meminta Pemkab Blora memastikan ada pihak yang bertugas khusus menangani itu. (AS/HT/N-1)

Baca Juga

Dok Instagram @ataliapr/@emmerilkahn

Anak Ridwan Kamil Belum Ditemukan, Pencarian Terus Dilakukan

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 27 Mei 2022, 12:23 WIB
Keberadaan anak Ridwan Kamil, Emeril Khan belum diketahui hingga saat ini. Pencarian terus...
Instagram @ataliapr/ @emmerilkahn

Keberadaan Anak Ridwan Kamil, Emeril Khan belum Ditemukan

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 27 Mei 2022, 11:24 WIB
Hingga pukul 11.00 WIB nasib Emmeril Khan Mumtadz belum...
dok.ist

Kementan - DPR Tingkatkan Kapasitas Petani Milenial Kubu Raya

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 11:18 WIB
KOMANDO Strategis Pembangunan Pertanian (KostraTani) menjadi gerakan pembaharuan pembangunan pertanian yang terus didengungkan Kementerian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya