Jumat 18 Maret 2022, 08:50 WIB

Faskes Minim, Tiongkok Terapkan Isolasi Mandiri bagi Penderita Covid-19

Cahya Mulyana | Internasional
Faskes Minim, Tiongkok Terapkan Isolasi Mandiri bagi Penderita Covid-19

AFP
Pekerja di Tiongkok sedang mengantre untuk tes covid-19, mereka yang dinyatakan positif diminta isoman karena keterbatasan faskes.

 

KETERBATASAN fasilitas kesehatan (faskes) di Tiongkok memaksa pemerintah mengubah kebijakan. Masyarakat yang merasakan gejala infeksi virus korona (Covid-19) ringan disarankan melakukan isolasi mandiri.

Sebelumnya, Beijing mewajibkan seluruh rakyatnya yang terinfeksi virus ini meskipun ringan harus dirawat di rumah sakit. Namun sekarang pasien yang bergejala berat yang wajib mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Para pakar kesehatan Tiongkok menilai kebijakan sebelumnya menghabiskan ketersediaan tempat tidur rumah sakit. Perubahan kebijakan ini terjadi usai Negeri Tirai Bambu mengalami lonjakan kasus covid-19 terburuk sejak virus mulai menyebar dari kota Wuhan pada awal 2020.

Sejauh ini sudah ada 2.627 kasus pada Rabu (16/3), turun dari total 3.290 sehari sebelumnya, berdasarkan angka terbaru yang dirilis oleh Komisi Kesehatan Nasional.

Di antara mereka atau 1.310 kasus tidak menunjukkan gejala covid-19. Sebanyak 95% kasus positif tersebar di sejumlah provinsi di timur laut Tiongkok seperti Jilin.

Wakil Perdana Menteri Tiongkok Sun Chunlan menginstruksikan pejabat Jilin untuk meluncurkan alat tes mandiri untuk deteksi dini di sekolah, mengambil sampel 20% siswa setiap hari. Alasannya menurut kantor berita negara Xinhua, penyebaran virus ini paling masif terjadi di pusat pendidikan.

Universitas Sains dan Teknologi Pertanian Jilin mengungkapkan hampir 60 mahasiswanya terinfeksi covid-19. mendorong pihak berwenang untuk memecat pejabat tinggi universitas tersebut.

Menurut editorial Global Times jika puluhan juta orang terinfeksi, orang-orang Tiongkok sanggup melawannya terlebih sistem perawatan kesehatan terbatas. Akibat lainnya perbaikan ekonomi akan sulit terwujud. (Straits times/OL-13)

Baca Juga: Hubungi Xi, Biden Ancam Sanksi Tiongkok jika Bantu Rusia

Baca Juga

AFP/Alexander Zemlianichenko.

Putin Abaikan Misi Perdamaian Jokowi, ini Usulan Tindak Lanjut

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 17:07 WIB
Perlu ditunjuk suatu special envoy yang bisa fokus melakukan follow up terhadap hal-hal yang digarap Presiden dalam kunjungan ke Rusia dan...
AFP/PRESIDENTIAL PALACE

Kehadiran Iriana di Ukraina Pertegas Ketulusan Misi Perdamaian Jokowi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Minggu 03 Juli 2022, 10:50 WIB
“Kehadiran Ibu Iriana, yang memberi bantuan obat-obatan ke rumah sakit di Kiev menjadi simbol fokus upaya...
AFP/Andrew KUTAN

Menteri Luar Negeri Tiongkok Dijadwalkan Hadir pada G20 di Bali

👤Fetry Wuryasti 🕔Minggu 03 Juli 2022, 10:45 WIB
Wakil Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok Dino R Kusnadi dijadwalkan mendampingi lawatan Wang Yi ke Forum G20 di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya