Kamis 18 Juni 2020, 05:15 WIB

Semen Gresik Perangi Gizi Buruk di Daerah Kerjanya

HT/N-2 | Nusantara
Semen Gresik Perangi Gizi Buruk di Daerah Kerjanya

MI/Haryanto
Semen Gre­­sik perangi gizi buruk dengan menggulirkan program Semen Gresik Ayo Optimalkan Gizi (SG Ayomi), di Kecamatan Gunem, Rembang.

 

PERANGI gizi buruk, warga dan pemerintah tidak bisa sendiri. Karena itu, Semen Gre­­sik mengambil peran di wilayah kerjanya, di Kabu­­paten Rembang, Jawa Tengah.

Mereka menggulirkan program Semen Gresik Ayo Optimalkan Gizi (SG Ayomi) sejak September 2019. Sasaran mereka ialah anak-anak yang menderita gizi buruk dan stunting di empat desa di Kecamatan Gunem, Rembang.

“Semen Gresik ingin ikut berkontribusi positif mengurai persoalan gizi buruk dan stunting yang menjadi persoalan serius bagi pemerintah. Lewat SG Ayomi, mereka membantu penanganan kasus gizi buruk dengan melakukan intervensi berupa pemenuhan nutrisi anak yang berasal dari keluarga kurang mampu,” kata ahli gizi dari Puskesmas Gu­nem, Nuruz Zahrotun Nisa, kemarin.

Empat desa yang disasar progam SG Ayomi ialah Kajar, Timbrangan, Pasucen, dan Tegaldowo. Ada 16 anak kasus gizi buruk yang dibantu progam yang diluncurkan Semen Gresik berkolaborasi dengan Puskesmas Gunem.

Hasil intervensi dari Semen Gresik dan Puskesmas Gu­nem sudah terlihat hasilnya. Balita AZ dari Desa Pasucen, misalnya, saat di­temukan pertama kali pada Januari 2020 hanya memiliki bobot 7 kilogram (kg) dalam usia 14 bulan. “Setelah mendapat perhatian dan nutrisi selama enam bulan terakhir, bobotnya naik menjadi 8,3 kg,” kata Kepala Humas dan Bina Lingkungan Semen Gresik Syaichul Amin.

Program SG Ayomi digulirkan ketika ada temuan kasus pertama yang menimpa Laila Qurrota Ayuni. Karena kondisinya yang mengkhawatirkan, Laila di­bawa ke rumah sakit. Seluruh biaya perawatan yang mencapai Rp5 juta ditanggung perusahaan. Tahun ini SG Ayomi didukung dana puluhan juta. (HT/N-2))

Baca Juga

medcom

Kasus Positif Covid-19 di Klaten Tembus 2.001 Orang

👤Djoko Sardjono 🕔Minggu 06 Desember 2020, 07:58 WIB
Klaten menambah jumlah kasus positif sebanyak 28 orang sehingga jumlah akumulasi kasus positif menjadi 2.001...
Dok.MI

342 Tenaga Medis Gugur IDI Beri Peringatan

👤(Van/E-3) 🕔Minggu 06 Desember 2020, 05:55 WIB
TIM Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengumumkan dari Maret hingga Desember total 342 tenaga medis dan tenaga kesehatan...
heri susetyo

3M Amankan Pesta Demokrasi

👤HERI SUSETYO 🕔Minggu 06 Desember 2020, 05:50 WIB
SEUSAI subuh, sejumlah petugas sudah datang ke tempat pemungutan suara. Mereka menyemprot seluruh meja, kursi, peralatan, dan lantai dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya