Selasa 26 Mei 2020, 13:19 WIB

Jika New Normal Berlaku, DIY Harus Persiapkan Lebih Matang

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Jika New Normal Berlaku, DIY Harus Persiapkan Lebih Matang

ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Petugas membersihkan kursi tunggu penumpang di Stasiun Tugu, Yogyakarta.

 

STATUS tanggap darurat bencana Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Daerah Istimewa Yogyakarta mulai diberlakukan 20 Maret 2020 dan akan berakhir pada 29 Mei 2020. Jika diberlakukan status situasi normal baru (the new normal) pascatanggap darurat, Wakil Ketua Komisi A DPRD DIY, Suwardi meminta, Pemda DIY menyiapkannya secara lebih matang, termasuk dalam hal penyusunan anggaran.

"Pemda DIY kedepan seharusnya bisa lebih matang merencanakan langkah-langkah penanganan Covid-19 sesuai dengan perkembangan wabah Covid-19 di DIY," ungkap Suwardi, Wakil Ketua Komisi A, Selasa (26/5).

Jika DIY memutuskan penerapan status keadaan normal baru (the new normal), Suwardi pun mengatakan perlu dipersiapkan secada matang dan komprehensif  serta tetap memperhatikan peraturan perundangan yang berlaku. Suwardi mencontohkan perlu adanya kebijakan penyusunan anggaran yang baru apabila diberlakukan status normal baru. Untuk melaksanakan kebijakan status normal baru dibutuhkan Perubahan RPJMD Tahun 2020 yang bisa digunakan sebagai dasar dalam penyusunan APBD Perubahan Tahun 2020.

"Bahkan, sangat mungkin digunakan dalam penyusunan RPJMD Tahun 2021," pungkas Suwardi.

Sementara itu, berdasarkan laporan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di DIY pada Senin (25/5), hasil tes laboratorium dengan polymerase chain reaction (PCR) menunyatakan, 226 orang positif dengan rincian 93 dirawat, 125 sembuh, dan 8 meninggal dunia. Sementara itu, jumlah orang yang telah dinyatakan negatif ada 1036 orang, 152 orang masih dalam proses menunggu hasil laboratorium.

baca juga: Gugus Tugas Kalsel Evaluasi PSBB dan Penanganan Covid -19

Untuk pertama kalinya, di DIY kemarin, Senin (26/5) tidak ada penambahan jumlah pasien positif Covid-19. Total tempat isolasi (critical & on critical) di seluruh RS Rujukan di DIY ada 269 tempat tidur. Saat ini, 150 tempat tidur di ruang isolasi digunakan oleh pasien, sedangkan yang masih tersedia atau kosong ada 119 tempat tidur. (OL-3)

Baca Juga

DOK MI

Dinkes Kabupaten Garut Kehabisan Vaksin Covid-19

👤Kristiadi 🕔Jumat 30 September 2022, 18:05 WIB
DINAS Kesehatan Kabupaten Garut, Jawa Barat belum maksimal melakukan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat karena stok vaksin...
MI/Haryanto

Ganjar Instruksikan Kepala Daerah se-Jateng Pakai Aspal Buton, Komitmen P3DN

👤Haryanto 🕔Jumat 30 September 2022, 18:01 WIB
GUBERNUR Jateng Ganjar Pranowo melalui Sekda Jateng Sumarno menginstruksikan seluruh kepala daerah se-Jateng menggunakan aspal...
dok.pribadi

Pemuka Gereja KINGMI Papua Minta Lukas Enembe Jujur ke KPK

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 17:56 WIB
SEKRETARIS Sinode Gereja KINGMI di Papua Pdt. Dr. Yones Wenda, meminta Lukas jujur kepada KPK, agar kasus korupsi yang dituduhkan kepadanya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya