Rabu 08 April 2020, 14:55 WIB

Pemkab Ngada Siapkan Bantuan Warga Terdampak Covid-19

Alexander P. Taum | Nusantara
Pemkab Ngada Siapkan Bantuan Warga Terdampak Covid-19

MI/A.P Taum
Bupati Ngada, Paulus Soliwoa

 

PEMERINTAH Kabupaten Ngada, Nusa tenggara Timur, mempersiapkan bantuan keuangan kepada mahasiswa asal Kabupaten Ngada yang kuliah di luar Flores. Selain mahasiswa,  bantuan juga diberikan kepada pedagang kecil, tukang ojek dan petani yang mengalami  gagal panen, menyusul merebaknya pandemic Covid-19.

Bupati Ngada, Paulus Soliwoa dalam rapat koordinasi bersama para Camat dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Ngada, di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngada, Rabu  (8/4, mengatakan, bantuan diberikan melalui masing-masing pengurus perhimpunan mahasiswa agar dapat lebih mudah dalam aspek pertanggungjawaban keuangan. Mahasiswa asal Kabupaten Ngada yang kuliah di Kupang misalnya, lewat Perhimpunan Mahasiswa asal Kabupaten Ngada atau yang disebut Permada.

"Kami sedang mendata jumlah mahasiswa asal Kabupaten Ngada yang masih aktif kuliah dan saat ini tidak kembali ke Kabupaten Ngada, karena kondisi penyebaran covid-19. Pemberian bantuan akan dilakukan melalui ketua perhimpunan Mahasiswa asal Kabupaten Ngada di masing masing daerah tempat para mahasiswa kuliah.  Kita akan membantu yang sedang kuliah dan dibuktikan dengan Kartu Mahasiswa yang masih berlaku. Bukan Mahasiswa, tidak mendapatkan bantuan," katanya.

Soal berapa besaran bantuannya, Bupati Soliwoa tidak menyebutkan jumlahnya.

Bupati Soliwoa juga mengatakan, selain mahasiswa, pihak lain yang perlu segera dibantu adalah masyarakat yang kehilangan pendapatan seperti pedagang kecil, tukang ojek, juga petani yang mengalami gagal panen. Upaya lain yang dilakukan sesegera mungkin adalah melakukan operasi pasar yang akan dilakukan oleh pihak Bulog Bajawa.

Pemerintah Desa juga dapat melakukan pergeseran anggaran dana desa. Setiap desa wajib menyiapkan anggaran dari dana desa untuk membeli beras dari masyarakat sebagai beras cadangan di desa.

Rapat itu dihadiri Kapolres Ngada AKBP Andhika Bayu Adhitama selaku Wakil Ketua I Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Ngada Dandim 1625 Ngada Letkol Czi Luqman Nur Hakim selaku Wakil Ketua II,  Ketua Pelaksanaan Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten  Ngada Theodosius Yosefus Nono dan para camat dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Ngada. (OL-13).

Baca Juga: Pembiaran Kelangkaan Masker dan APD Termasuk Maladministrasi

Baca Juga: Ratusan Anggota TNI-Polri di Tasikmalaya Donorkan Darahnya

Baca Juga

Ilsutrasi

Gempa 5,1 Magnitudo Guncang Wamena, Tidak Berpotensi Tsunami

👤 Atalya Puspa 🕔Senin 25 Januari 2021, 13:09 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, pada Senin, 25 Januari 2021 pukul 04.49.36 WIB wilayah Wamena diguncang gempa...
MI/Martinus Solo

Sorong Adakan Pelatihan Pengelolaan Pangan Lokal

👤Martinus Solo 🕔Senin 25 Januari 2021, 12:56 WIB
Pemkab Sorong memberikan pelatihan inovasi untuk mengolah bahan baku menjadi makanan bergizi yang sangat bermanfaat bagi kebutuhan anak dan...
AFP/Rahmad Suryadi

Tinggi Abu Vulkanik Gunung Sinabung yang Mengepul Capai 500 M

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 25 Januari 2021, 12:41 WIB
"Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 50-500 m di atas puncak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya