Rabu 08 April 2020, 14:38 WIB

Pembiaran Kelangkaan Masker dan APD Termasuk Maladministrasi

Faustinus Nua | Humaniora
Pembiaran Kelangkaan Masker dan APD Termasuk Maladministrasi

Antara
Ilustrasi

 

OMBUSDMAN  Republik Indonesia menegaskan pembiaran yang dilakukan pemerintah terhadap kelangkaan masker dan alat pelindung diri (APD) di tengah penyebaran virus korona (covid-19) merupakan maladministrasi.

"Melakukan pembiaran terhadap kondisi tersebut sehingga kebutuhan masyarakat dan pelayanan kesehatan terganggu adalah suatu Maladministrasi," ujar anggota Ombudsman Alamsyah Saragih melalui keterangan resmi, Rabu (8/4).

Di jelaskannya, Ombudsman terus mencermati kontroversi ekspor masker dan APD. Pihaknya juga menerima laporan dari kalangan media dan masyarakat yang terkait maraknya ekspor masker dan APD di tengah kebutuhan domestik begitu tinggi. Hal itu merupakan indikasi telah terjadi maladministrasi dalam mata rantai produksi.

"Kami telah menyampaikan ke publik pada tanggal 8 Maret 2020 bahwa pada prinsipnya Pemerintah patut menerbitkan kebijakan larangan ekspor dan melakukan pengaturan harga dalam situasi darurat covid-19," tegasnya.

Menurutnya, bila pemerintah menyadari kebutuhan domestik tinggi maka pemerintah dapat mempertimbangkan untuk menerapkan strategis. Kebijakan domestic market obligation bagi Industri yang memproduksi bisa diterapkan pada situasi saat ini.

Untuk itu Kemenkes atau instansi terkait dapat mengusulkan ekspor bahan baku masker, masker, antiseptik, dan APD ke dalam larangan dan/atau pembatasan yang diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan. Sehingga Kementerian Perdagangan dan bea cukai dapat mencegah ekspor produk tersebut maupun mengawasi kemungkinan terjadi penyiasatan kode HS.(OL-2)

 

Baca Juga

AFP/Sam Panthaky

Layanan Telemedisin Didorong Jadi Pilihan di Tengah Pandemi

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 23:43 WIB
Di tengah pandemi, fasilitas kesehatan harus terus memberikan layanan kepada seluruh...
Kemendikbud

DPR Desak Anggaran POP Dialihkan untuk Biaya Internet Siswa

👤Antara 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 21:15 WIB
Kontroversi program organisasi penggerak (POP) yang digagas Mendikbud Nadiem Makariem telah membuat gaduh di...
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Temui Mendikbud, Katib Aam Nyatakan PBNU Ikut POP Kemendikbud

👤Antara 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 20:50 WIB
Gus Yahya menemui Mendikbud Nadiem Makariem, Kamis, untuk menyampaikan sikap PBNU terkait keikutsertaan dalam program...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya