Rabu 18 Desember 2019, 21:35 WIB

Jaga Kerukunan Warga, Pemprov Jabar Gelar Program Welas Asih

Bayu Anggoro | Nusantara
Jaga Kerukunan Warga, Pemprov Jabar Gelar Program Welas Asih

MI/Bayu Anggoro
Kepala Badan Bakesbangpol Jabar, Herri Hudaya, saat menjelaskan kegiatan Festival Welas Asih di Bandung, Jabar, Rabu (18/12).

 

BADAN Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Barat bekerja sama Yayasan Welas Asih Jabar menggelar festival welas asih.

Kepala Badan Bakesbangpol Jabar, Herri Hudaya, mengatakan, dengan adanya acara ini bisa menciptakan keharmonisan masyarakat Jabar.

Selain itu, masyarakat Jabar bisa menjadi masyarakat yang toleran dan mencintai sesama.

"Dengan adanya welas asih ini masyarakat bisa lebih membumi. Kemudian program ini bisa memberikan nilai lebih bagi masyarakat Jabar terutama nilai-nilai pancasila dalam menjaga negara ini," katanya di Bandung, Rabu (18/12).

Herri mengungkapkan, program welas asih bisa dipelajari oleh masyarakat dan disebarluaskan. Saat ini, masyarakat telah jauh dari nilai-nilai welas asih, apalagi ditengah-tengah era globalisasi seperti ini.

"Saya berharap dengan adanya program welas asih masyarakat Jabar bisa tecermin budayanya. Ada kebersamaan yang tinggi terutama kepada penganut agama lain. Nilai kesundaan tersebut bisa memahami suku yang
lain, agama yang lain, sehingga suku lain bisa nyaman tinggal di Jabar," katanya.


Baca juga: Konsumsi Susu Kental Manis Picu Gizi Buruk di Tiga Provinsi


Dalam kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Welas Asih Jabar, Ali Bin Zed, menyebutkan, Festival Welas Asih akan melibatkan relawan sebanyak 60 orang dari berbagai golongan dan etnis yang ada di Indonesia. Relawan yang berkontribusi merupakan miniatur Indonesia, sama hal nya seperti Jabar.

Berbagai suku dan golongan masyarakat Indonesia terdapat di Jabar.

"Welas Asih merupakan ajaran dari semua agama dan juga tinggalan dari nenek moyang kita yang semestinya diturunkan dan diteruskan oleh generasi muda saat ini. Dengan hal itu welas asih adalah sebuah rasa kasih sayang yang menggabungkan empati dan simpati," ucap Ali.

Festival Welas Asih Jabar akan diselenggarakan pada 19 Desember di Saparua Bandung. Beberapa kegiatannya meliputi lomba menggambar dan mewarnai tingkat TK dan SD, lomba membaca puisi, compassionate talk, music acoustic, booth komunitas, dan bazar.

Pada compassionate talk akan hadir Husen Jafar (konten kreator keislaman), Lukman Saifudin (Menteri Agama 2014-2019), Martin Anugerah (Youtuber), dan lain-lain. (OL-1)

 

Baca Juga

ANTARA/Oky Lukmansyah

Satu Keluarga Tewas Karena Keracunan Asap Genset

👤Antara 🕔Kamis 28 Januari 2021, 00:35 WIB
Eka mengatakan polisi sudah mendatangi tempat kejadian perkara dan melakukan olah tempat kejadian perkara atas meninggal-nya satu...
Medcom.id/ Ahmad Rofahan

Pemkab Cirebon Siap Distribusikan 13.400 Vaksin Bagi Tenaga Medis.

👤Ant 🕔Rabu 27 Januari 2021, 23:48 WIB
Ada dua kali pelaksanaan, vaksin yang pertama sekitar tanggal 1 Februari. Untuk tahap keduanya, 14 hari selanjutnya,"...
ANTARA

Cuaca Buruk, ASDP Kupang Buka Tutup Pelayaran

👤Palce Amalo 🕔Rabu 27 Januari 2021, 22:55 WIB
PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Fery Cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur memberlakukan sistem buka tutup...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya