Senin 08 Februari 2016, 10:42 WIB

6 Orang Tertimbun Longsor di Sumbar

Micom | Nusantara
6 Orang Tertimbun Longsor di Sumbar

ANTARA/IGGOY EL FITRA

 

HUJAN yang berlangsung terus menerus sejak 5 Februari hingga sekarang telah menyebabkan banjir dan longsor di beberapa daerah di Sumatra Barat (Sumbar).

Banjir dan longsor terjadi di Kota Solok, Kabupaten Agam, Kabupaten Solok Selatan, dan Kabupaten 50 Koto. Banjir dan longsor di Kabupaten Solok Selatan terjadi di 3 kecamatan yaitu Sungai Pagu, Pauh Duo, dan Sangir. Banjir disebabkan meluapnya Sungai Batang Bangko, Sungai Batang Suliti dan Sungai Batang Lolo.

Bencana itu menyebabkan jalan Muaralabuh - Padang Aro Kerinci putus total. Longsor menimpa rumah warga sehingga 6 orang tertimbun longsor pada 6 Februari sekitar pukul 20.00 WIB. Dua orang berhasil dievakuasi dalam kondisi meninggal dunia sedangkan 4 orang masih tertimbun dan dalam proses pencarian.

Banjir juga menyebabkan 2.000 unit rumah terendam banjir hingga ketinggian 1,5 meter dan 100 hektar sawah setinggi 1 meter. Dua jembatan kabupaten putus. Lalu lintas Payakumbuh-Pekanbaru lumpuh total. Saat ini kondisi masih hujan.

Sungai Batang Lembang meluap sehingga banjir di Kelurahan Koto Panjang Kecamatan Tanjung Harapan dan Kelurahan Kampai Tabu Karambie Kota Solok. 36 rumah terendam banjir. Di Kabupaten Agam, longsor terjadi kemarin pukul 02.00. Material longsor menutup akses jalan Bukittinggi-Lubuk Sikaping dengan panjang material longsor 15 meter setinggi 2,5 meter. Jalan telah dapat dilalui kendaraan.

Sementara itu banjir juga terjadi di Nagari Pangkalan Kecamatan Pangkalan Nagari, Kabupaten 50 Kota. 100 rumah terendam banjir hingga 1 meter. Satu orang hanyut dan ditemukan tewas atas nama Padri, 16.

BPBD bersama TNI, Polri, PMI, Basarnas, SKPD dan masyarakat telah melakukan pendataan dan penanganan darurat. Posko didirikan dan membagikan makanan siap saji. Hujan masih berlangsung menyebabkan kesulitan pananganan. (RO/X-2)

Baca Juga

MI/Heri Susetyo

Hewan Ternak di Porong Divaksin Booster PMK

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 12:20 WIB
LEBIH dari 100 ekor hewan ternak sapi dan kambing di Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo mendapatkan suntikan vaksin guna mengantisipasi...
dok.ant

Mesin Monster Sampah Buatan BUMN Dioperasikan di Desa Adat Seminyak

👤Arnoldus 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 12:15 WIB
DESA Adat Seminyak, Kelurahan Seminyak, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung mendapat bantuan mesin pengolah sampah monster yang dibuat...
dok.Ant

Tinggal Dua Ekor Gajah di Kebun Binatang Bandung Rayakan Hari Gajah seDunia

👤Naviandri 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 11:26 WIB
HARI gajah sedunia diperingati setiap 12 Agustus, yang bertujuan agar semua orang bersama-sama melindungi habitat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya