Senin 02 Desember 2019, 10:25 WIB

Reklamasi Ditinjau Ulang Bila Ada Pendangkalan di Perairan Merak

Wibawa Sangkala | Nusantara
Reklamasi Ditinjau Ulang Bila Ada Pendangkalan di Perairan Merak

MI/Susanto
Suasana di Pelabuhan Merak, Banten. Adanya reklamasi di perairan Selat Sunda dikhawatirkan bisa memicu sedimentasi di perairan Selat Sunda.

 

ANGKUTAN Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Pelabuhan Merak meminta review pelaksanaan reklamasi di Perairan Selat Sunda. Reklamasi di perairan Selat Sunda tersebut dapat mengancam percepatan sendimentasi dan pendangkalan air laut di sekitar reklamasi.

"Kalau sendimentasi dan pendangkalan ini terjadi maka akan berdampak di sekitarnya, termasuk Pelabuhan Merak," ujar GM PT ASDP Pelabuhan Merak, Solikin, Senin (2/12/2019).

Pelabuhan Merak adalah pelabuhan enyeberangan yang sangat vital bagi masyarakat Pulau Sumatra dan Jawa. Sehingga, pendangkalan yang disebabkan reklamasi di perairan Selat Sunda akan menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat dan negara.

"Pendangkalan akan mengakibatkan cost yang tinggi bagi negara dan merugikan masyarakat yang menggunakan transportasi penyeberangan di Pelabuhan Merak," ungkap Solikin.

Bahkan, Solikin siap pasang badan jika reklamasi di perairan Selat Sunda telah mengancam kepentingan publik dan mengganggu penyeberangan.

"Demi kepentingan publik, saya siap pasang badan jika sudah mengganggu penyeberangan di Pelabuhan Merak," imbuh Solikin.

Tidak tanggung-tanggung, Solikin akan meminta Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) untuk melaporkan hal ini agar reklamasi di perairan Selat Sunda ditinjau kembali.

baca juga: Untuk Dongkrak Ekonomi, Ibukota Brebes Harus Dipindah

"Saya akan laporkan hal ini ke BPTD untuk meninjau kembali pelaksanaan reklamasi itu," ancam Solikin.

Seperti diketahui, PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) sedang melakukan reklamasi di perairan Selat Sunda. Pengerjaan reklamasi ini dipercayakan kepada PT Seven Gates Indonesia (SGI) dan PT Boskalis. Dalam reklamasi ini, PT Seven Gates Indonesia membutuhkan 3,5 juta kubik pasir laut untuk menambah perluasan pelabuhan PT Lotte Chemical Indonesia seluas 12 hektar. (OL-3)

 

 

Baca Juga

Antara

Media Group Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Sulbar

👤M. Sholahadhin Azhar 🕔Jumat 15 Januari 2021, 23:49 WIB
"Berisi sembako dan terpal, untuk membantu meringankan saudara-saudara kita, korban gempa Sulbar," kata Ketua Yayasan Media Group...
Puspen TNI AU

TNI Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Mamuju

👤Ant 🕔Jumat 15 Januari 2021, 23:40 WIB
Bantuan dari TNI saat ini dalam perjalanan menuju ke Mamuju berupa personel TNI, truk 10 buah, dapur lapangan, alat berat berupa eksavator,...
MI/Yoseph Pencawan

Pemberlakuan PKM di Sumut Harus tetap Ditegakkkan

👤Yoseph Pencawan 🕔Jumat 15 Januari 2021, 23:21 WIB
Pada tahap awal, vaksinasi di Sumut didahulukan untuk tiga daerah, yakni Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deli...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya