Kamis 04 Februari 2016, 16:42 WIB

Pulau Dewata Waspadai Serangan Virus Zika

Arnoldus Dhae | Nusantara
Pulau Dewata Waspadai Serangan Virus Zika

AFP/MARVIN RECINOS

 

GUBERNUR Bali Made Mangku Pastika telah menginstruksi seluruh jajaran dinas k seluruh kabupaten dan kota di Bali untuk mewaspadai potensi penyebaran virus Zika dan DB di seluruh Bali.

"Saya sudah menginstruksikan kepada jajaran terkait agar segera melakukan langkah-langkah antisipasi untuk meminimalisir penyebaran virus Zika dan DB agar jangan sampai menyebar di Bali," ujarnya di Denpasar, Kamis (4/2).

Menurutnya, Bali harus lebih cepat melakukan langkah antisipasi agar jangan sampai kedua virus berbahaya tersebut bisa dideteksi sejak awal.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Ketut Suarjaya menjelaskan, Bali menjadi habitat hidup nyamuk aedes aegypti yang menjadi penular virus zika. Atas dasar itu, Suarjaya menilai bisa saja Bali menjadi wilayah yang berpotensi terhadap penularan dan perkembangbiakkan virus tersebut. "Potensi pasti ada di Bali," katanya.

Ia menilai, atas dasar itu pula maka virus zika masuk dalam darurat kesehatan yang meresahkan dunia. Bagi dia, yang yang terpenting perlu dilakukan saat ini adalah mengaktifkan seluruh surveilans.

Dengan begitu, deteksi dini jika seseorang terinfeksi virus zika dapat dengan cepat dilakukan. Suarjaya mengaku saat ini yang menjadi fokus untuk deteksi virus zika adalah pintu-pintu masuk Bali seperti Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Padangbai dan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

"Kita berharap di pintu-pintu masuk itu dipasangi alat pendeteksi suhu tubuh (thermo scanner)," ungkapnya. Melalui alat tersebut, wisatawan yang masuk ke Bali dengan suhu tubuh di atas 38 derajat selsius dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (OL-2)

Baca Juga

DOK MI

Siswi SMP Korban Kekerasan Seksual Di Pati Dalam Tahap Pemulihan

👤Widhoroso 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:55 WIB
MENTERI Sosial Tri Rismaharini menyampaikan siswi SMP berinisial N (15 tahun) di RSUD Soewondo, Pati, Jawa Tengah yang menjadi korban...
ANTARA

Sumut Tata Situs Benteng Putri Hijau di Deliserdang

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:15 WIB
PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara melakukan penataan situs Benteng Putri Hijau sebagai upaya pelestarian cagar budaya dan pengembangan...
Medcom

Nakes Di Buleleng Segera Jalani Vaksinasi Dosis Booster Kedua

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:55 WIB
TENAGA kesehatan (nakes) kembali mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali yang menjadi garda terdepan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya