Kamis 04 Februari 2016, 15:39 WIB

Tiga Opsi Penanganan Jemaah Ahmadiyah Bangka

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Tiga Opsi Penanganan Jemaah Ahmadiyah Bangka

Ilustrasi--ANTARA/Agus Bebeng

 

GUBERNUR Provinsi Bangka Belitung Rustam Efendi menawarkan tiga opsi opsi penanganan masalah jemaah Ahmadiyah di Kampung Srimenanti, Sungailiat, Kabupaten Bangka. Ketiga opsi itu disampaikan Rustam saat berkunjung ke rumah dinas Bupati Bangka, Tarmizi Saat, Rabu (3/2) malam. Rustam datang ke Kabupaten Bangka setelah ditelepon Menkopolhukam Luhut Panjaitan.

Ketiga opsi itu, pertama pengurus dan pengikut Ahmadiyah di Lingkungan Srimenanti meninggalkan Bangka dan pulang ke daerah asal masing-masing. "Jika opsi ini berjalan maka Pemkab Bangka akan memfasilitasi baik masalah transportasi ke daerah asal maupun masalah ganti rugi."kata Rustam.

Opsi kedua adalah melakukan pengamanan terhadap Ahmadiyah. Kemudian pengikut Ahmadiyah akan dievakuasi sementara waktu ke rumah dinas Sekda Bangka mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan karena masyarakat di lingkungan Srimenanti tak menginginkan keberadaan
mereka.

Opsi terakhir jika masalahnya berkepanjangan karena masyarakat menolak dan pengikut Ahmadiyah juga menolak pindah, akan dilakukan lokalisir. Artinya pengikut Ahmadiyah yang tetap berada disana akan dilakukan pembinaan intensif hingga mereka bisa berbaur dengan masyarakat.

"Opsi ketiga ini Pemkab Bangka akan melakukan pembinaan intensif hingga berbaur dengan masyarakat,"ungkap Gubernur.

Dari ketiga opsi itu menurut, Rustam, opsi terakhir lebih baik. Itupun dengan syarat jemaah Ahmadiyah masih bisa dibina. "Kalau masih bisa dibina kenapa tidak. Mereka manusia juga," ucap Rustam.

Kendati demikian Rustam mengaku dirinya hanya memback up sebab yang punya wilayah Bupati Bangka Tarmizi Saat. "Kan wilayah Pak Bupati. Kita hanya back up saja," terangnya. (OL-2)

Baca Juga

MI/Heri Susetyo

Hewan Ternak di Porong Divaksin Booster PMK

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 12:20 WIB
LEBIH dari 100 ekor hewan ternak sapi dan kambing di Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo mendapatkan suntikan vaksin guna mengantisipasi...
dok.ant

Mesin Monster Sampah Buatan BUMN Dioperasikan di Desa Adat Seminyak

👤Arnoldus 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 12:15 WIB
DESA Adat Seminyak, Kelurahan Seminyak, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung mendapat bantuan mesin pengolah sampah monster yang dibuat...
dok.Ant

Tinggal Dua Ekor Gajah di Kebun Binatang Bandung Rayakan Hari Gajah seDunia

👤Naviandri 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 11:26 WIB
HARI gajah sedunia diperingati setiap 12 Agustus, yang bertujuan agar semua orang bersama-sama melindungi habitat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya