Rabu 20 Januari 2016, 19:49 WIB

Santoso Diburu Hingga Taman Nasional Lore Lindu

M Taufan SP Bustan | Nusantara
Santoso Diburu Hingga Taman Nasional Lore Lindu

ANTARA FOTO/Basri Marzuki

 

Operasi pengejaran terhadap kelompok sipil bersenjata Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Santoso alias Abu Wardah memasuki babak baru. Setelah Operasi Camar Maleo berakhir, kepolisian meluncurkan operasi baru dengan Operasi Tinombala yang melibatkan sekitar 2.000 aparat gabungan TNI dan Polri.

"Operasi ini hanya berbeda nama, namun tujuannya masih sama dengan operasi sebelumnya," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah, Ajun Komisaris Besar Hari Suprapto, Rabu (20/1).

Pihak Polda yang bergabung dengan TNI, memperluas wilayah operasi pengejaran terhadap kelompok yang telah terafiliasi dengan Islamic State (IS) tersebut hingga ke pegunungan-pegunungan yang ada di wilayah Poso. Hal tersebut juga dilakukan pasca bakutembak yang terjadi 15 Januari 2016, di mana dalam peristiwa itu satu anak buah Santoso tewas.

"Operasi hanya dipusatkan di Poso, namun seluruh wilayah hutan pegunungan dimasuki sebagai titik operasi. Termasuk di puncak dingin gunung Rore Kautimbu yang terletak persis di Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso," imbuh Hari.

Menurut Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) Sudayatna, puncak Gunung Rore Kautimbu yang berada di wilayah TNLL, terhubung langsung dengan pegunungan tempat persembunyian kelompok Santoso.

"Kelompok teroris itu menjadi target pengejaran aparat Polri dan TNI. Sejak operasi Camar Maleo sampai Operasi Tinombala saat ini, wilayah
kita (TNLL dan Rore Kautimbu) masuk wilayah operasi sehingga kebijakannya aktivitas pendakian ke gunung Rore Kautimbu untuk sementara ditutup," ujar Sudayatnya.

Pelarangan pendakian ke puncak dingin Rore Kautimbu tersebut sebagai antisipasi keamanan bagi para pendaki mengingat wilayah itu kini sudah dimasuki aparat TNI dan Polri.

"Penutupan pendakian yang kami lakukan bukan tanpa dasar. Kami tidak ingin terjadi hal-hal yang dapat merugikan pendaki nantinya kalau tidak dilakukan penutupan, apa lagi TNI dan Polri di sana sedang melakukan operasi yang bukan main-main," Sudayatna menandaskan.

Gunung Rore Kautimbu memiliki ketinggian 2.400 Mdpl, terletak di daerah Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso. Gunung ini juga bisa di tempuh dari arah Palu yang berjarak kurang lebih 110 kilometer ke daerah bagian Kecamatan Palolo atau arah selatan dari Palu. (M Taufan SP Bustan/TB/OL-2)

Baca Juga

ANTARA/Umarul Faruq

PVMBG: Aktivitas Vulkanik Gunung Semeru Cenderung Mereda

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 23:57 WIB
PVMBG mengambil langkah mitigasi dengan menaikkan status Gunung Semeru dari sebelumnya Level III atau Siaga menjadi Level II atau...
dok.ist

GMC Sumsel Gelar Gerakan Milenial Cinta Lingkungan

👤Dwi Apriani 🕔Senin 05 Desember 2022, 23:10 WIB
Ganjar Milenial Center (GMC) memperkuat program gotong royong untuk konsolidasi dukungan bagi Ganjar Pranowo Presiden...
DOK.MI

Polisi Tahan WN AS Pelaku Kekerasan Seksual di Vila Canggu

👤Arnoldus Dhae 🕔Senin 05 Desember 2022, 23:00 WIB
Bule asal California, Amerika Serikat, JPA Jr, 38, diduga melakukan kekerasan seksual terhadap warga negara Filipina BJCB,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya