Selasa 18 Juni 2019, 03:40 WIB

Perihal Penetapan Tersangka KPU Sumsel Kritik Bawaslu

(DW/CS/N-3) | Nusantara
Perihal Penetapan Tersangka KPU Sumsel Kritik Bawaslu

Thinkstock
Ilustrasi

 

SETELAH penetapan status tersangka terhadap lima anggota Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kota Palembang, KPU Sumatra Selatan (Sumsel) memberikan tanggapan.

KPU ­Sumsel menilai seha-rusnya Badan Pengawas ­Pemilu ­(Bawaslu) Kota Palembang melakukan introspeksi atas apa yang telah terjadi.

Komisioner KPU Sumsel Divisi Sosialisasi, Parmas, dan SDM, Amrah Muslimin, mengatakan Bawaslu dan KPU merupakan dua lembaga yang bersama-sama bertanggung jawab dalam pelaksanaan pemilu.
Menurutnya, dalam hal ini, mestinya ada tindakan lebih dari Bawaslu untuk mencegah, dan itu dinilainya tidak dilakukan Bawaslu.

“Bawaslu hanya sebagai pengawas. Kalau ada persoalan, harusnya melakukan tindakan pencegahan. Kami berharap teman-teman Bawaslu introspeksi diri,” ujarnya.

Amrah menambahkan, berdasarkan pernyataan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) selaku lembaga yang dikhususkan untuk mengimbangi dan mengawasi kinerja Bawaslu dan KPU, Bawaslu dinilai tidak memahami alur sehingga langsung menetapkan tindakan kelima anggota KPU tersebut sebagai pidana pemilu.

“Harusnya dilaporkan dulu ke DKPP. Kalau DKPP melihat ada indikasi pidana pemilu, baru merekomendasikan kepada Gakkumdu. Tentu jadi pertimbangan, apakah dapat disimpulkan dalam pelanggarpan kode etik atau tidak.”

Sementara itu, KPU Karawang memanggil 12 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan seorang komisioner KPU yang diduga terlibat praktik jual-beli suara di ­Pemilu 2019. Namun, hanya 10 anggota PPK yang memenuhi panggilan.

Ketua KPU Karawang, Miftah Farid, mengungkapkan berdasarkan keterangan 10 anggota PPK itu, mereka mengakui menerima aliran dana dari seorang caleg DPR RI dari Partai Perindo, Eka Budi Santoso alias Kusnaya. “Mereka mengakui menerima dana dari salah satu calon anggota legislatif. Mereka mengaku diminta agar mengajak keluarga dan tetangga mereka untuk mencoblos calon tersebut,” kata Miftah. (DW/CS/N-3)

Baca Juga

DOK.MI

Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Angkutan BBM Ilegal Terbakar di Muba

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:45 WIB
Ketiganya ditangkap Satreskrim Polres Muba secara terpisah di rumah...
Dok. Mutuagung Lestari

Perluas Jasa Uji Kualitas Lingkungan, Mutuagung Lestari Resmikan Laboratorium di Pontianak

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:41 WIB
Saat ini, PT Mutuagung Lestari memiliki lima cabang laboratorium lingkungan yang berada di Samarinda, Pekanbaru, Pangkalan Bun, Medan dan...
DOK MI.

Polda Jambi Tangkap Lima Pelaku Penyimpangan Distribusi BBM Subsidi

👤Solmi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:30 WIB
Mereka ialah dua operator APMS Andi, 42, dan Kodri, 46, tiga pembeli penampung atas nama Zulfala, Jumino, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya