Senin 25 Maret 2019, 16:15 WIB

Bayi Lutung di TSTJ Surakarta Diharapkan Pikat Wisatawan

Widjajadi | Nusantara
Bayi Lutung di TSTJ Surakarta Diharapkan Pikat Wisatawan

ANTARA FOTO/Maulana Surya

 

KOLEKSI binatang di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Surakarta bertambah dengan lahirnya bayi lutung jantan bernama Untung, Kamis (21/3) lalu. Satwa berbulu putih kecokelatan itu lahir secara alami dari rahim induknya, Lutung Lulu, yang kawin dengan lutung pejantan bernama Atung.

Beberapa bulan sebelum bayi Untung lahir, koleksi TSTJ sudah bertambah 30 ekor mulai dari landak, linsang, elang laut, unta hingga ayam hutan asal Tibet serta sapi biru (nilgai).

"Sudah empat hari ini, lutung Untung menghirup udara segar dan dalam keadaan sehat dan lucu," kata Direktur Utama TSTJ Solo Bimo Wahyu Widodo ketika dijumpai Media Indonesia, Senin (25/3).

Baca juga: Translokasi, Salah Satu Upaya Penyelamatan KLHK untuk Lutung Jawa

Sementara induk Lulu hadir di TSTJ dari hibah Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) pada 2012. Ia mendapatkan pasangan lutung Atung yang didatangkan BKSDA pada 2017, hingga hamil dan melahirkan bayi Untung.

"Semoga keberadaan lutung Untung menambah daya tarik bagi wisatawan. Kita akan terus kelola denga baik koleksi yang ada, karena TSTJ selain sebagai obyek wisata hiburan, juga merupakan lembaga konservasi," imbuh dia.

Tambahan koleksi TSTJ sejak 2018 sangat melengkapi koleksi sebelumnya dan banyak disukai pengunjung. Seperti sapi biru asal India, sangat unik dan disukai anak-anak yang ingin mengenal hewan langka. Ada pula satwa Sitatunga, jenis hewan antelop atau sebagai marshbuck yang hidup di rawa Afrika, juga menarik pengunjung.

"Kami berharap, lutung Untung yang masih imut dan lucu juga semakin menggelorakan TSTJ dalam menyambut kedatangan pengunjung," tegas Bimo.(OL-5)

Baca Juga

Antara/Basri Marzuki.

Harga Pupuk Nonsubsidi Melejit, Petani Sawit Babel Menjerit

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Kamis 26 Mei 2022, 14:39 WIB
Harga pupuk KCL sebelumnya Rp300 ribu kini naik menjadi Rp850 ribu per karung. Harga NPK Kebomas dari Rp270 ribu per karung naik menjadi...
MI/Rommy Pujianto

Inilah Aksi-Aksi Satpam Bank Menjaga Keamanan Nasabah dan Karyawan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 13:48 WIB
Dikenal ramah, murah senyum pada nasabah, satpam bank berikut memiliki keberanian yang tak diragukan demi keamanan...
MI/M Ghozi

Kesulitan Pupuk ZA Lantaran Keterlambatan Transportasi

👤Tosiani 🕔Kamis 26 Mei 2022, 13:36 WIB
Menurutnya, ada pergeseran tanam tembakau pada musim tahun ini, sehingga pemupukan juga bergeser dari April menjadi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya