Selasa 12 Maret 2019, 20:23 WIB

BKSDA Aceh Evakuasi 2 Orangutan dengan Luka Tembak

Antara | Nusantara
BKSDA Aceh Evakuasi 2 Orangutan dengan Luka Tembak

ANTARA

 

BALAI Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh mengevakuasi induk dan anak orangutan (Pongo abelii) yang mengalami luka tembak senapan angin.

Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo mengatakan orangutan tersebut dievakuasi dari kebun warga di Desa Bunga Tanjung, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam, Provinsi Aceh.

"Evakuasi berlangsung pada Minggu (10/3). Kondisi induk saat dievakuasi memprihatinkan. Begitu juga anak orangutan itu kekurangan nutrisi, sehingga menyebabkan satwa dilindungi tersebut mati dalam perjalanan ke lokasi karantina," kata Sapto di Banda Aceh, Selasa (12/3).

Evakuasi melibatkan personel Satuan Konservasi Wilayah II Resor 17 Rundeng bersama mitra kerja Wildlife Conservation Center Indonesia Program (WCS-IP) dan Orangutan Information Centre (OIC). Sapto menyebutkan, kondisi induk orangutan saat dievakuasi kurang sehat dan terdapat luka kaki serta jari tangan. Mata induk orangutan juga terkena peluru senapan angin.

Baca juga: 6 Orangutan Dilepasliarkan di TN Bukit Baka Bukit Raya

Setelah berhasil ditangkap, anak dan induk orangutan langsung dibawa ke lokasi karantina di Sibolangit, Sumatra Utara. Namun, dalam perjalanan, anak orangutan mati lantaran malnutrisi.

"Anak orangutan tersebut dikubur di Sibolangit. Sedangkan hasil pemeriksaan induk orangutan di Sibolangit, ditemukan 73 butir peluru senapan angin," tuturnya.
   
Selain itu, induk orangutan juga mengalami patah tulang tangan, kaki, tangan, juga jari. Induk tersebut mengalami luka bacok hingga menyebabkan keluarnya nanah di punggung.

"Kami menyesalkan dan mengutuk siapapun yang melukai serta menyiksa kedua individu orangutan tersebut. Kami bersama penegak hukum berupaya mengungkap pelaku kekejaman tersebut," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/Selamat Saragih

Pemkot Tidore Gandeng UI Siapkan Kajian Scuba Diving untuk Gaet Wisatawan

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 18:34 WIB
 DAYA tarik wisata selam terletak pada konservasi lingkungan alam bawah laut dan pelestarian warisan budaya yang dikelola masyarakat...
dok.mi

Ibu Kota Jabar jadi Dipindah ke Tegalluar, Walini atau Segitiga Rebana, Ini Kata Kang Emil

👤Naviandri 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 18:10 WIB
WACANA pemindahan pusat Pemerintahan Provinsi Jawa Barat  dari Kota Bandung masih menunggu kepastian pembangunan stasiun...
DOK MI

Kasus Covid-19 Masih Naik, PTM Di Jateng Tetap 100 Persen

👤Akhmad Safuan 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 17:44 WIB
KASUS covid-19 di berbagai daerah di Jawa Tengah kembali meningkat dan kini telah mencapai 1.555 warga dirawat di rumah sakit maupun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya