Kamis 14 Februari 2019, 23:00 WIB

Peti Beralih Tanam Sengon

SS/N-3 | Nusantara
Peti Beralih Tanam Sengon

MI/Rommy

 

RATUSAN Penambang Emas tanpa Izin (PETI) di Gunung Emas, Kalimantan Tengah, mulai beralih menanam pohon sengon. Usaha yang baru dilakukan beberapa tahun belakangan ini dinilai efektif mengurangi kerusakan lingkungan akibat peti.

Bupati Gunung Mas Arton Dohong menyebutkan, budi daya penanaman sengon ini merupakan solusi pengalihan aktivitas warga yang selama ini menjadi PETI. “Karena ini baru tahap awal jadi hasilnya belum kelihatan, tapi mereka mulai menjalankannya. Kita bantu bibit dan pemasarannya,” ujar Arthon.

Usaha penambangan emas milik rakyat ini, jelasnya, sudah berjalan bertahun-tahun dan sangat merusak lingkungan. ”Tapi saya tak mungkin melarangnya karena kita belum bisa mencarikan pekerjaan lain untuk warga,” ujarnya.

Karena itu, diharapkan dengan adanya program ini, lambat laun mata pencaharian warga akan beralih. Tercatat jumlah mesin sedot emas di Kabupaten Gunung Mas mencapai 7.000 unit. Bila diestimasi satu unit mesin mempekerjakan tujuh orang, artinya ada sekitar 49 ribu jiwa yang menggantungkan nasibnya di sana. (SS/N-3)

 

Baca Juga

Ist

Saat Resmikan Ponpes, Kapolri Ajak Masyarakat Pererat Persatuan 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 01:42 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan warga agar tak mudah dipecah belah. Ia mengingatkan pentingnya...
Dok. PABOI

PABOI Bantu Korban Bencana NTT yang Patah Tulang Belakang

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 13 April 2021, 23:41 WIB
Tim Tanggap Bencana Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia (PABOI) hingga kini masih bertugas di lokasi bencana...
wdrfree.com

Sulawesi Utara Diguncang Gempa Tektonik Bermagnitudo 5,2

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 23:29 WIB
Gempa tektonik dengan magnitudo 5,2 yang berpusat kira-kira 135 kilometer tenggara Kota Bitung, Sulawesi Utara, Selasa pukul 22:47:31 WIB,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya